HUBUNGAN POLA MAKAN, AKTIVITAS FISIK, DAN RIWAYAT PENYAKIT INFEKSI DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Landasan Ulin Timur Kota Banjarbaru)

Detail Cantuman

Text

HUBUNGAN POLA MAKAN, AKTIVITAS FISIK, DAN RIWAYAT PENYAKIT INFEKSI DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Landasan Ulin Timur Kota Banjarbaru)

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI GIZI DAN DIETETIKA
PROGRAM SARJANA TERAPAN
TAHUN 2022
ABSTRAK
Skripsi
HANIF ASRI PERTIWI
HUBUNGAN POLA MAKAN, AKTIVITAS FISIK DAN RIWAYAT PENYAKIT INFEKSI DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Landasan Ulin Timur)
(Sajiman, S.KM, M. Gizi)
XVIII + 158 halaman + 20 tabel + 2 gambar + 11 lampiran
Anemia adalah salah satu masalah defisiensi nutrisi yang paling sering melanda ibu hamil. Akibat anemia pada kehamilan adalah keguguran, bayi premature dan perdarahan pasca melahirkan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Puskesmas Landasan Ulin Timur tahun 2020 didapatkan 38,35% ibu hamil yang mengalami anemia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola makan, aktivitas fisik dan riwayat penyakit infeksi dengan kejadian anemia pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Landasan Ulin Timur.
Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Landasan Ulin Timur. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah 57 sampel. Pada penelitian pola makan dilakukan dengan menggunakan wawancara kuesioner FFQ Semi Quantitative, aktivitas fisik menggunakan PAL, riwayat penyakit infeksi menggunakan wawancara kuesioner dan kejadian anemia menggunakan alat Spektrofotometer. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Korelasi Rank Spearman α = 0,05.
Hasil penelitian didapatkan bahwa 78,95% ibu hamil berusia 20-35 tahun dengan 40,35% usia kehamilan trimester 3 memiliki 63,16% tingkat pendidikan SMA/SMK, 89,47% status tidak bekerja 45,61% dengan pola makan kurang, memiliki 52,64% aktivitas fisik kategori ringan, 52,63% memiliki riwayat penyakit infeksi dan 71,92% ibu hamil yang menderita anemia. Terdapat hubungan antara pola makan, aktivitas fisik dan riwayat penyakit infeksi dengan kejadian anemia pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesms Landasan Ulin Timur.
Saran kepada ibu hamil untuk memperhatikan pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang beranekaragam, jumlah yang cukup dan frekuensi makan yang teratur, mengurangi aktivitas yang berat dan sebaiknya mengikuti program ibu hamil sehingga masalah kesehatan dapat teratasi sebelum ibu hamil.
Kata Kunci : Pola Makan, Aktivitas Fisik, Infeksi, Anemia ,Ibu Hamil
Kepustakaan : 114 buah (2001-2020)


Detail Information

Item Type
Penulis
HANIF ASRI PERTIWI - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
618.3
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail