HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI, AKTIVITAS FISIK, KEBIASAAN KONSUMSI MAKANAN CEPAT SAJI DENGAN KEJADIAN OBESITAS REMAJA (Studi Kelas X dan XI di SMKN 1 Martapura)

Detail Cantuman

Text

HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI, AKTIVITAS FISIK, KEBIASAAN KONSUMSI MAKANAN CEPAT SAJI DENGAN KEJADIAN OBESITAS REMAJA (Studi Kelas X dan XI di SMKN 1 Martapura)

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PRODI SARJANA TERAPAN GIZI
TAHUN 2022
ABSTRAK
Skripsi
DHEA RIZKA ANANDA
HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI, AKTIVITAS FISIK, KEBIASAAN KONSUMSI MAKANANAN CEPAT SAJI DENGAN KEJADIAN OBESITAS REMAJA (Studi Kelas X dan XI di SMKN 1 Martapura)
(Rusmini Yanti, SKM., MS)
XI + 90 halaman + 15 tabel + 2 gambar + 12 lampiran
Obesitas merupakan keadaan yang menunjukkan ketidak seimbangan antara tinggi dan berat badan. Prevelensi kegemukan atau obesitas pada remaja umur 16-18 tahun di Kalimantan Selatan sebesar 12,08%. Kabupaten Banjar merupakan salah satu prevelensi tetinggi kegemukan atau obesitas yaitu 14,23%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan Gizi, Aktivitas Fisik, Kebiasaan Konsumsi Makanan Cepat Saji dengan Kejadian Obesitas Remaja (Studi kelas X dan XI di SMKN 1 Martapura).
Jenis Penelitian ini Observasional Analitik bersifat Cross Sectional. Populasi penelitian ini sebagian siswa siswi kelas X dan XI. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan jumlah sampel minimal 92 orang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner online via group whatsapp. Analisis data menggunakan uji korelasi Rank Spearman α = 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hubungan menggunakan uji korelasi Rank Spearman didapatkan ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan gizi yaitu nilai (p) 0,015 dan aktivitas fisik nilai (p) 0,000 dengan kejadian obesitas pada remaja. Namun tidak terdapat hubungan antara kebiasaan konsumsi cepat saji dengan kejadian obesitas pada remaja dengan nilai (p) -0,108.
Diharapkan remaja yang mengalami obesitas agar memperbaiki status gizinya menjadi status gizi baik, remaja dengan pengetahuan yang cukup lebih meningkatkan pengetahuan dan aktivitas fisik yang ditingkatkan.
Kata Kunci : Pengetahuan Gizi, Aktivitas Fisik, Kebiasaan Konsumsi Makanan Cepat Saji, Obesitas Remaja
Kepustakaan : 56 buah (2000-2021)


Detail Information

Item Type
Penulis
DHEA RIZKA ANANDA - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
616
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail