HUBUNGAN PENGETAHUAN, MOTIVASI IBU DAN STATUS PEKERJAAN DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Ulin Kota Banjarbaru)

Detail Cantuman

Text

HUBUNGAN PENGETAHUAN, MOTIVASI IBU DAN STATUS PEKERJAAN DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Ulin Kota Banjarbaru)

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI GIZI DAN DIETETIKA
PROGRAM SARJANA TERAPAN
TAHUN 2022
ABSTRAK
Skripsi
AULIA NUR FITRIANI AQILLA
HUBUNGAN PENGETAHUAN, MOTIVASI IBU DAN STATUS PEKERJAAN DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUNGAI ULIN KOTA BANJARBARU)
Rusmini Yanti, SKM., MS
XVI + 132 halaman + 20 tabel + 2 gambar + 12 lampiran
Faktor pengetahuan, motivasi ibu dan status pekerjaan mempunyai kontribusi besar dalam menentukan keberhasilan pemberian ASI Eksklusif pada bayi. Dari 10 Puskesmas yang ada di Kota Banjarbaru yang memiliki cakupan ASI Eksklusif terendah yaitu di wilayah kerja Puskesmas Sungai Ulin dengan persentase pemberian ASI Eksklusif pada tahun 2020 hanya mencapai 27,96%. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis interaksi antar variabel tersebut dengan pemberian ASI Eksklusif pada bayi Di wilayah kerja Puskesmas Sungai Ulin.
Metode penelitian ini menggunakan observasional analitik dengan rancangan cross-sectional. Populasi adalah bayi berumur 7-12 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Ulin Kota Banjarbaru dengan sampel penelitian sebanyak 65 bayi yang diambil dengan teknik purposive sampling Variabel penelitian yaitu Pengetahuan, Motivasi, Status Pekerjaan dan pemberian ASI Eksklusif. Pengambilan data dengan cara wawancara langsung menggunakan kuisioner. Analisis data menggunakan uji korelasi Rank Spearman.
Hasil penelitian menunjukkan lebih dari separuh bayi tidak diberikan ASI Eksklusif (75,4%), persentase tertinggi ada pada ibu yang memiliki pengetahuan yang kurang (44,6%), separuh (55,4%) dengan ibu yang tidak bekerja dan lebih dari separuh (63,1%) ibu memiliki motivasi yang rendah . Ada hubungan antara pengetahuan dengan pemberian ASI Eksklusif dengan nilai  = 0,000, ada hubungan antara motivasi ibu dengan pemberian ASI Eksklusif  = 0,000 dan ada hubungan antara status pekerjaan dengan pemberian ASI Eksklusif  = 0,000.
Saran untuk ibu selama kehamilan ibu diharapkan aktif melakukan konsultasi dengan petugas kesehatan guna memperoleh informasi terkait menyusui dan mendapat motivasi untuk terus melakukan pemberian ASI eksklusif kepada bayinya mulai dari lahir sampai berusia 6 bulan.
Kata Kunci : ASI Eksklusif, Pengetahuan, Motivasi, Status Pekerjaan, Bayi
Kepustakaan : 60 buah


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
612.664
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail