HUBUNGAN PENGETAHUAN, POLA MAKAN DAN DURASI TIDUR DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA REMAJA PUTRI (Studi di Poltekkes Kemenkes Banjarmasin)

Detail Cantuman

Text

HUBUNGAN PENGETAHUAN, POLA MAKAN DAN DURASI TIDUR DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA REMAJA PUTRI (Studi di Poltekkes Kemenkes Banjarmasin)

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI GIZI DAN DIETETIKA
PROGRAM SARJANA TERAPAN
TAHUN 2022
ABSTRAK
Skripsi
AND SUCI KARTIKA PUTRI
HUBUNGAN PENGETAHUAN, POLA MAKAN DAN DURASI TIDUR DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA REMAJA PUTRI (Studi di Poltekkes Kemenkes Banjarmasin)
Hj. Aprianti,S.Pd., M.Pd
Xix + 132 halaman + 19 tabel + 2 gambar + 13 lampiran
Anemia pada remaja putri masih tinggi. Riset Kesehatan Dasar 2018, prevalensi anemia pada remaja putri sebesar 32%, artinya 3-4 dari 10 remaja putri menderita anemia. Dinas Kesehatan Banjarbaru dari tahun 2017-2019 terjadi peningkatan jumlah remaja putri anemia dari 20 remaja putri tahun 2017, 44 remaja putri tahun 2018, dan 66 remaja putri pada tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, pola makan, dan durasi tidur dengan kejadian anemia pada remaja putri di Poltekkes Kemenkes Banjarmasin.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja putri Poltekkes Kemenkes Banjarmasin (angkatan 2018) dengan jumlah 1.208 orang, diambil dengan teknik starified random sampling dan proporsi. Cara pengambilan data pengetahuan dan durasi tidur dengan menggunakan kuisioner, pola konsumsi dengan menggunakan SQ-FFQ, dan kejadian anemia dengan pengukuran kadar Hb. Analisis bivariat dengan uji korelasi Rank Spearman.
Berdasarkan analisis uji rank spearman didapatkan hubungan pengetahuan dengan kejadian anemia remaja putri dengan nilai p=0,000, hubungan pola makan sumber Fe, protein, vitamin C, dan penghambat penyerapan Fe dengan kejadian anemia remaja putri dengan nilai p=0,000,p=0,026,p=0,000,dan p=0,000 dan tidak ada hubungan durasi tidur dengan kejadian anemia remaja putri dengan nilai p=0,9.
Remaja putri diharapkan untuk lebih aktif dalam mencari informasi terkait anemia, meningkatkan konsumsi makanan yang baik untuk penyerapan Fe, mengurangi konsumsi makanan penghambat penyerapan Fe, dan memperbaiki durasi tidur.
Kata kunci : Anemia, Pengetahuan, Pola Makan, Durasi Tidur
Kepustakaan : 117 buah (2000-2021)


Detail Information

Item Type
Penulis
AND SUCI KARTIKA PUTRI - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
612.3
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail