PERBEDAAN PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA DENTAL STORY STICKER DENGAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP PENGETAHUAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT PADA MURID KELAS V DAN VI DI SDN SUNGAI PARING 2 MARTAPURA

Detail Cantuman

CD-ROM

PERBEDAAN PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA DENTAL STORY STICKER DENGAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP PENGETAHUAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT PADA MURID KELAS V DAN VI DI SDN SUNGAI PARING 2 MARTAPURA

XML

PERBEDAAN PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA
DENTAL STORY STICKER DENGAN MEDIA FLASH
CARD TERHADAP PENGETAHUAN
KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT
PADA MURID KELAS V DAN VI DI SDN SUNGAI PARING 2
MARTAPURA
SKRIPSI
Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh
gelar Sarjana Terapan Kesehatan
Oleh :
DIANA MEILITA
NIM. P07125218092
KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI TERAPI GIGI
PROGRAM SARJANA TERAPAN
2022@2022
Hak Cipta ada pada penulis
iiiiiivRIWAYAT HIDUP
Nama
: Diana Meilita
Tempat/ tanggal lahir : Bandung, 19 mei 2000
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Alamat : Jl. Guntung Harapan, Komp. Griya Sosial Mulia 2 No. C4,
Kec. Guntung Manggis, Kel. Landasan Ulin Timur,
Banjarbaru, Kalimantan Selatan.
Nama Orang Tua
Ayah : Santhana Putra Jaya
Ibu : Ismalia Budiati
Anak : Ke-1
Riwayat Pendidikan : 1. SDN Salam Babaris 2 (2006-2012)
2. SMPN 5 Banjarbaru (2013-2015)
3. SMAN 1 Gambut (2015-2018)
4. Menempuh pendidikan di Program Studi Terapi Gigi
Program Sarjana Terapan Jurusan Keperawatan Gigi
Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Tahun 2018-2022.
vKATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa
Ta’ala yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat
menyelesaikan Skripsi ini dengan judul “Perbedaan Penyuluhan Menggunakan
Media Dental Story Sticker Dengan Media Flash Card Terhadap Pengetahuan
Kebersihan Gigi dan Mulut Pada Murid Kelas V dan VI di SDN Sungai
Paring 2 Martapura”.
Skripsi ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat memperoleh gelar
Sarjana Terapan Kesehatan pada Jurusan Keperawatan Gigi Politeknik Kesehatan
Kemenkes Banjarmasin.
Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih
kepada pihak yang telah membantu, membimbing, serta memberikan kritik dan
saran dalam penyelesaian Skripsi ini, yaitu kepada :
1.
Ibu Hj. Ida Rahmawati, SKM, M.PH selaku Ketua Jurusan Keperawatan Gigi
Politeknik Kesehatan Banjarmasin.
2.
Bapak H. Fahmi Said, S.Si.T, M.Pd selaku Ketua Prodi Terapi Gigi Program
Sarjana Terapan Politeknik Kesehatan Banjarmasin.
3.
Ibu Siti Sab’atul Habibah, SKM, M.Kes, Selaku pembimbing I yang telah
banyak memberikan bimbingan, bantuan dan saran dalam penyusunan Skripsi
ini.
4.
Ibu Emilda Sari, S.Si.T, M.Kes, selaku pembimbing II yang telah banyak
memberikan arahan dan saran dalam penulisan Skripsi ini.
5.
Ibu Isnawati, S.ST, M.Kes sebagai dosen penguji Skripsi.
vi6.
Seluruh Dosen dan Staf Tata Usaha Jurusan Keperawatan Gigi Politeknik
Kesehatan Kemenkes Banjarmasin yang telah banyak memberikan bantuannya.
7.
Bapak Wiyono, S.IP, selaku staf perpustakaan Jurusan Keperawatan gigi
Politeknik Kesehatan Kemenkes Banjarmasin.
8.
Kepala Sekolah SDN Sungai Paring 2 Martapura beserta staf yang telah
memberikan izin sebagai tempat penelitian Skripsi ini.
9.
Kedua orang tua, saudara, dan seluruh anggota keluarga yang selalu
memberikan doa, semangat, dukungan dan perhatian sehingga penulis dapat
menyelesaikan Proposal ini.
10. Teman-teman, sahabat dan seluruh rekan-rekan mahasiswa angkatan 2018
yang turut memberikan dukungan, masukan, dan semangat dalam penyusunan
Skripsi ini.
Penulis sangat menyadari Skripsi ini masih banyak kekurangannya dan
masih jauh dari kata sempurna. Karena itu, penulis mengharapkan kritik dan
saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan Skripsi ini. Agar Skripsi
ini bermanfaat bagi kita semua.
Banjarbaru, Mei 2022
Penulis
viiKEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI TERAPI GIGI
PROGRAM SARJANA TERAPAN
KEPERAWATAN GIGI
TAHUN 2022
ABSTRAK
Skripsi
DIANA MEILITA
PERBEDAAN PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA DENTAL STORY
STICKER DENGAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP PENGETAHUAN
KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT PADA MURID KELAS V DAN VI DI
SDN SUNGAI PARING 2 MARTAPURA.
Pembimbing (1) Siti Sab’atul Habibah, SKM, M.Kes (2) Emilda Sari, S.Si.T,
M.Kes
xiv + 51 halaman; 6 tabel; 3 gambar; 14 lampiran
Salah satu upaya meminimalkan masalah kesehatan gigi dan mulut adalah
melalui kegiatan penyuluhan pada anak usia sekolah dasar. Dari hasil studi
pendahuluan di SDN Sungai Paring 2 Martapura didapatkan informasi bahwa
intensitas diberikan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut masih rendah dan tidak
terlaksana selama 2 tahun terakhir.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penyuluhan
menggunakan media dental story sticker dengan media flash card terhadap
pengetahuan kebersihan gigi dan mulut pada murid kelas V dan VI di SDN Sungai
Paring 2 Martapura. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan
two group pre-test post-test design. Pengambilan sampel menggunakan total
sampling dengan jumlah sampel 58 responden. Analisis data menggunakan uji
Independent Sampel T-test.
Hasil penelitian menunjukan peningkatan pengetahuan setelah dilakukan
penyuluhan menggunakan media dental story sticker sebesar 2,89. Sedangkan
penyuluhan dengan media flash card sebesar 3,80. Berdasarkan hasil uji
Independent Sample T-test didapatkan nilai ρ= 0,045 dengan α = 0,05 sehingga ρ<α
artinya Ho ditolak dan Ha diterima.
Kesimpulan penelitian ini yaitu ada perbedaan penyuluhan menggunakan
media dental story sticker dengan media flash card terhadap pengetahuan
kebersihan gigi dan mulut pada murid kelas V dan VI di SDN Sungai Paring 2
Martapura. Disarankan agar diadakan kegiatan promotif pada murid sekolah dasar
berupa penyuluhan menggunakan media yang lebih menarik yaitu media flash card.
Kata Kunci
Kepustakaan
: Penyuluhan, Dental Story Sticker, Flash Card, Pengetahuan
Kebersihan Gigi dan Mulut
: 40 (2009-2020)
viiiMINISTRY OF HEALTH OF THE REPUBLIC OF INDONESIA
BANJARMASIN HEALTH POLYTECHNIC
DENTAL THERAPY STUDY PROGRAM
APPLIED UNDERGRADUATE PROGRAM
DENTAL NURSING
YEAR 2022
ABSTRACT
Skripsi
DIANA MEILITA
THE DIFFERENCES OF EDUCATION USING DENTAL STORY
STICKER MEDIA WITH FLASH CARD MEDIA TOWARDS
KNOWLEDGE OF DENTAL AND MOUTH HYGIENE IN CLASS V AND
VI STUDENTS AT SDN SUNGAI PARING 2 MARTAPURA.
Supervisor (1) Siti Sab’atul Habibah, SKM, M.Kes (2) Emilda Sari, S.Si.T,
M.Kes
xiv + 51 pages; 6 tables; 3 pictures; 14 attachments
One of the efforts to minimize dental and oral health problems is through
counseling activities for elementary school-aged children. From the results of a
preliminary study at SDN Sungai Paring 2 Martapura, information was obtained
that the intensity of oral health counseling was still low and had not been
implemented for the last 2 years.
This study aims to determine the difference between counseling using dental
story sticker media with flash card media on dental and oral hygiene knowledge for
fifth and sixth grade students at SDN Sungai Paring 2 Martapura. This type of
research is a quasi-experimental with a two-group pre-test post-test design.
Sampling using total sampling with a sample of 58 respondents. Data analysis used
Independent Sample T-test.
The results showed an increase in knowledge after counseling using the
media dental story sticker of 2.89. While counseling with flash card media is 3.80.
Based on the results of the Independent Sample T-test, the value=0.045 with = 0.05
so that <α means Ho is rejected and Ha is accepted.
The conclusion of this study is that there is a difference counseling using
dental story sticker media with flash card media on dental and oral hygiene
knowledge for fifth and sixth grade students at SDN Sungai Paring 2 Martapura. It
is recommended that promotive activities be held for elementary school students in
the form of counseling using a more interesting media, namely flash card media.
Keywords
Literature
: Counseling, Dental Story Stickers, Flash Cards, Knowledge Dental
and Oral Hygiene
: 40 (2009-2020)
ixDAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ...........................................................................................
HALAMAN HAK CIPTA ..................................................................................
HALAMAN PENGESAHAN .............................................................................
SURAT PERNYATAAN TENTANG ORISINALITAS ..................................
HALAMAN RIWAYAT HIDUP .......................................................................
KATA PENGANTAR .......................................................................................
ABSTRAK (BAHASA INDONESIA) ..............................................................
ABSTRAK (BAHASA INGGRIS) ....................................................................
DAFTAR ISI .......................................................................................................
DAFTAR TABEL ...............................................................................................
DAFTAR GAMBAR ..........................................................................................
DAFTAR LAMPIRAN .......................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ..................................................................................
B. Rumusan Masalah .............................................................................
C. Tujuan Penelitian ..............................................................................
D. Manfaat Penelitian ............................................................................
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Penyuluhan ........................................................................................
B. Media Dental Story Sticker ...............................................................
C. Media Flash Card .............................................................................
D. Pengetahuan ......................................................................................
E. Pengetahuan Kebersihan Gigi dan Mulut .........................................
F. Kerangka Teori..................................................................................
BAB III KERANGKA KONSEP DAN HIPOTESIS
A. Kerangka Konsep ..............................................................................
B. Hipotesis ............................................................................................
BAB IV METODE PENELITIAN
A. Jenis Penelitian ..................................................................................
B. Rancangan Penelitian ........................................................................
C. Tempat dan Waktu Penelitian ...........................................................
D. Populasi dan Sampel Penelitian ........................................................
E. Variabel Penelitian dan Definisi Operasional ...................................
F. Instrumen Penelitian..........................................................................
G. Metode Pengumpulan Data ...............................................................
H. Pengolahan dan Analisis Data ...........................................................
BAB V HASIL PENELITIAN
A. Data Umum Penelitian .....................................................................
B. Data Khusus Penelitian ....................................................................
C. Data Hasil Penelitian .........................................................................
BAB VI PEMBAHASAN
A. Analisis Masalah ..............................................................................
B. Pemecahan Masalah ..........................................................................
x
i
ii
iii
iv
v
vi
viii
ix
x
xii
xiii
xiv
1
4
5
6
7
14
17
20
24
29
30
30
31
31
32
33
33
35
35
37
38
39
39
43
47BAB VII PENUTUP
A. Kesimpulan ....................................................................................... 49
B. Saran .................................................................................................. 50
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
xiDAFTAR TABEL
Tabel 4.1
Tabel 5.1
Tabel 5.2
Tabel 5.3
Definisi Operasional
Jumlah Murid Kelas V dan VI di SDN Sungai Paring 2 Martapura
Distribusi Frekuensi Responden Berdasarkan Jenis Kelamin
Hasil Analisis Pengetahuan Kebersihan Gigi dan Mulut Media
Dental Story Sticker
Tabel 5.4 Hasil Analisis Pengetahuan Kebersihan Gigi dan Mulut Media
Flash Card
Tabel 5.5 Hasil Analisis Statistik dengan Uji Independent Sample
T-test Media Dental Story Sticker dan Media Flash Card
xii
34
38
39
40
41
42DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1 Kerangka Teori
Gambar 3.1 Kerangka Konsep
Gambar 4.1 Rancangan Penelitian
29
30
31
xiiiDAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1 Surat Izin Penelitian
Lampiran 2 Surat Izin Penelitian dari Kesatuan Bangsa dan Politik
Lampiran 3 Surat Izin Uji Validitas Kuisioner
Lampiran 4 Etik Penelitian
Lampiran 5 Informed Consent
Lampiran 6 Rekapitulasi Responden
Lampiran 7 Hasil Uji Statistik Program SPSS
Lampiran 8 Satuan Pelajaran
Lampiran 9 Kuesioner
Lampiran 10 Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner
Lampiran 11 Sketsa Media Dental Story Sticker dan Flash Card
Lampiran 12 Validasi Media
Lampiran 13 Kartu Konsultasi
Lampiran 14 Foto Kegiatan Penelitian
xiv


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit KEPERAWATAN Gigi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
016/SKP-GIGI/2022
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail