ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DENGAN MASALAH TB PARU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MARTAPURA BARAT KABUPATEN BANJAR

Detail Cantuman

ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DENGAN MASALAH TB PARU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MARTAPURA BARAT KABUPATEN BANJAR

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI DIPLOMA III
KEPERAWATAN
TAHUN 2022
ABSTRAK
Karya Tulis Ilmiah
AGUS DAILAMI
ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DENGAN MASALAH TB PARU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MARTAPURA BARAT, KABUPATEN BANJAR
Suroto dan H. Khairir Rizani
xv + 69 Halaman ; 13 Tabel ; 2 Gambar + 10 Lampiran

Tuberkulosis adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium Tuberkulosis. WHO mencatat sekitar 33% dari total kasus penyakit TBC di dunia ditemukan di Negara-negara Asia, sedangkan penemuan kasus baru Tuberkulosis di Indonesia terdiri dari 261.890.872 jiwa. Jumlah kasus Tuberkulosis di Provinsi Kalimantan Selatan mencapai 5.636 kasus, angka kasus TBC di Kabupaten Banjar sebanyak 350 kasus dan dalam data puskesmas Martapura Barat tercatat ada 18 kasus TBC. Pengetahuan keluarga yang kurang tentang perawatan klien dengan Tuberkulosis Paru di rumah dapat menjadi masalah yang berdampak besar jika tidak diatasi secara intensif.
Penelitian ini berupa laporan asuhan keperawatan keluarga pada klien Tuberkulosis Paru yang bersedia dilakukan asuhan keperawatan dengan meliputi pengkajian, diagnosa, perencanaan, implementasi, evaluasi dan dokumentasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan pemeriksaan fisik serta studi dokumentasi format pengkajian keperawatan keluarga.
Hasil pengkajian didapatkan tiga diagnosa yaitu bersihan jalan nafas tidak efektif berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga dalam melakukan perawatan manajemen jalan napas, defisit nutrisi berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga mengenal masalah nutrisi pada anggota keluarga yang sakit dan risiko penularan penyakit berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga mengenal pencegahan penularan penyakit.
Ketiga diagnosa dapat teratasi namun tetap perlu dilanjutkan oleh pihak keluarga dalam hal merawat anggota keluarga yang sakit dan mencegah terjadinya penularan penyakit. Diharapkan penelitian ini menjadi salah satu bahan dalam memperluas ilmu pengetahuan mengenai asuhan keperawatan keluarga dengan Tuberkulosis Paru.

Kata Kunci : Asuhan Keperawatan Keluarga, Tuberkulosis Paru
Kepustakaan : (2009-2020)


Detail Information

Item Type
Penulis
Agus Dailami - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Jurusan Keperawatan : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KTI-KEP /041/2022
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail