LITERATURE REVIEWASUHAN KEPERAWATAN PADA ANAK DEMAM TIFOID

Detail Cantuman

CD-ROM

LITERATURE REVIEWASUHAN KEPERAWATAN PADA ANAK DEMAM TIFOID

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN PROGRAM STUDI KEPERAWATAN PROGRAM DIPLOMA TIGA
2022




Karya Tulis Ilmiah
SHOFA HAMIDA

ABSTRAK

LITERATURE REVIEWASUHAN KEPERAWATAN PADA ANAK DEMAM TIFOID
(Ainun Sajidah 1; Zainab 2)
xiii + 46 halaman ; 9 tabel ; 2 lampiran
Demam tifoid dengan ciri penderita mengalami demam karena penyebaran bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini yang dibawa oleh manusia yang terinfeksi di dalam saluran darah dan saluran pencernaan yang menyebar ke orang lain melalui makanan dan air minum yang terkontaminasi dengan kotoran yang terinfeksi. Gejala umum pada demam tifoid adalah terjadinya hipertermi sebagai reaksi infeksi. Gejalanya berupa demam berangsur naik, terutama sore dan malam hari. Dengan keluhan dan gejala demam, nyeri otot, nyeri kepala. Penatalaksanaan yang digunakan untuk pengobatan pada klien demam tifoid diantaranya adalah dengan tindakan farmakologis maupun non farmakologis. Penulisan ini ditujukan untuk mengeksplorasi asuhan keperawatan pada anak demam tifoid berdasarkan Literature Review.
Metode penelitian pada penulisan ini adalah menggunakan pendekatan proses keperawatan berdasarkan hasil Literature Review. Dengan membandingkan
2 asuhan keperawatan dengan kriteria anak jenis kelamin perempuan / laki-laki, usia 5-15 tahun, diagnosa tifoid tanpa penyakit penyerta dan tingkat kesadaran compos mentis.
Pada tahap pengkajian didapatkan keluhan utama kedua klien yang mengalami demam tifoid adalah badan panas, mual dan muntah. Masalah keperawatan utama pada kedua klien dengan demam tifoid adalah hipertermi berhubungan dengan proses infeksi dengan intervensi non farmakologi seperti kompres hangat yang diberikan pada klien dan farmakologi seperti obat yang dikonsumsi klien. Implementasi yang dilakukan sesuai dengan rencana tindakan yang telah ditetapkan.
Disimpulkan dari pengelolaan keperawatan pada anak demam tifoid dengan masalah hipertermi berdasarkan prinsip etik legal dan patient safety meliputi proses keperawatan yang dimulai dari pengkajian dan implementasi keperawatan dan penulisan ini bermafaat bagi peneliti selanjutnya dan bagi institusi pendidikan.
m

Kata kunci : Asuhan keperawatan, demam tifoid, hipetermi. Kepustakaan : (2011-2020)


Detail Information

Item Type
Penulis
SHOFA HAMIDA - Personal Name
; Zainab - Personal Name
Ainun Sajidah - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Jurusan Keperawatan : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KTI-KEP /033/2022
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail