ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA KLIEN DENGAN RHEUMATOID ARTHRITIS DI PUSKESMAS JELAPAT

Detail Cantuman

CD-ROM

ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA KLIEN DENGAN RHEUMATOID ARTHRITIS DI PUSKESMAS JELAPAT

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN PROGRAM DIPLOMA III
KEPERAWATAN TAHUN 2022


Laporan Tugas Akhir
Novida Aulia

ABSTRAK

ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA KLIEN DENGAN RHEUMATOID ARTHRITIS DI PUSKESMAS JELAPAT (Marwansyah & Erna Fauziah)
Xviii+115 halaman; 26 tabel; 2 gambar + 10 lampiran

Penyakit autoimun adalah penyakit dimana sistem kekebalan yang terbentuk salah mengidentifikasi benda asing, dimana sel, jaringan atau organ tubuh manusia justru dianggap sebagai benda asing sehingga dirusak antibodi. Rheumatoid arthritis merupakan penyakit autoimun sistemik kronik yang menyebabkan inflamasi jaringan ikat terutama sendi. Data puskesmas Jelapat pada tahun 2021 Januari – Oktober penyakit rheumatoid arthritis dengan angka kejadian 117 jiwa. Tujuan penulisan KTI ini ialah untuk melakukan asuhan keperawatan keluarga pada klien dengan rheumatoid arthritis di puskesmas Jelapat.

Pelaksanaan asuhan ini berupa studi kasus pada pada klien dengan rheumatoid arthritis yang bersedia dilakukan asuhan keperawatan keluarga dengan pendekatan meliputi pengkajian, diagnosa, perencanaan, implementasi, evaluasi & dokumentasi. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, pemeriksaan fisik, studi dokumentasi dan format pengkajian keperawatan keluarga.

Hasil pengkajian didapatkan tiga diagnosa keperawatan yaitu nyeri kronis berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga merawat anggota keluarga yang sakit dan diagnosa defisit pengetahuan berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga mengenal masalah kesehatan dan gangguan moboilitas fisik berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga merawat anggota keluarga yang sakit.
Dari ketiga diagnosa, dua diagnosa sudah teratasi dan 1 diagnosa teratasi sebagian. Diharapkan bagi puskesmas untuk meningkatkan fasilitas pelayanan seperti melakukan promosi kesehatan terkait penyakit asam urat, sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Kata Kunci : Keperawatan keluarga, Rheumatoid arthritis
Kepustakaan : (2009 - 202


Detail Information

Item Type
Penulis
Marwansya - Personal Name
Erna Fauziah - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Jurusan Keperawatan : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KTI-KEP/ 027I/2022
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail