LITERATURE REVIEW ASUHAN KEPERAWATAN JIWA PADA PASIEN ISOLASI SOSIAL DENGAN DEFISIT PERAWATAN DIRI

Detail Cantuman

CD-ROM

LITERATURE REVIEW ASUHAN KEPERAWATAN JIWA PADA PASIEN ISOLASI SOSIAL DENGAN DEFISIT PERAWATAN DIRI

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN PROGRAM STUDI KEPERAWATAN PROGRAM DIPLOMA TIGA
TAHUN 2022


Karya Tulis Ilmiah
(NADILA FITRIANA)

ABSTRAK

LITERATURE REVIEW ASUHAN KEPERAWATAN JIWA PADA PASIEN ISOLASI SOSIAL DENGAN DEFISIT PERAWATAN DIRI
(Khairir Rizani 1 dan Akhmad Rizani 2 )
xv + 43 halaman ; 8 tabel ; 2 lampiran

Penderita gangguan jiwa di dunia saat ini diperkirakan sekitar 450 juta jiwa termasuk skizofrenia (Riskesdas, 2018). Salah satu gejalanya yaitu sulit untuk bersosialisasi dengan lingkungannya dan cenderung tidak mampu melakukan pemenuhan kebutuhan defisit perawatan diri mandi dan berhias karena kurangnya dukungan motivasi, pemberian pengetahuan, serta kurangnya ketersediaan alat dan bahan untuk perawatan diri khususnya mandi dan berhias. Defisit perawatan diri jika tidak ditangani maka akan berakibat buruk, baik itu pada dirinya sendiri, orang lain serta lingkungan sekitarnya. Strategi yang akan dilakukan yaitu memberikan pendidikan Kesehatan dan melatih pasien cara perawatan mandi, berdandan/berhias, makan/minum, dan BAB/BAK secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Literature Review Asuhan Keperawatan Jiwa pada Pasien Isolasi Sosial dengan Defisit Perawatan Diri.
Penelitian mengunakan metode Literature Review, subjek dalam laporan asuhan keperawatan yaitu laki-laki dan perempuan berumur 35-65 tahun pasien isolasi sosial dengan defisit perawatan diri. Fokus penelitian ini menganalisa dan membandingkan dua laporan asuhan keperawatan jiwa pada pasien isolasi sosial dengan defisit perawatan diri dan hasilnya disajikan dalam bentuk tabel dan narasi.
Hasil penelitian didapatkan diagnosa keperawatan utama yang dibandingkan yaitu defisit perawatan diri. Dari diagnosa tersebut masalah keperawatan pada pasien 1 belum teratasi dan masih dalam pengawasan sedangkan pada pasien 2 sudah teratasi.
Diharapkan dapat meningkatkan kerjas ama dengan semua tenaga kesehatan dalam hal edukasi pasien untuk membantu proses penyembuhan khususnya pada pasien isolasi sosial dengan defisit perawatan diri.


Kata kunci : Asuhan Keperawatan Jiwa, Defisit Perawatan Diri, Isolasi Sosial

Kepustakaan : (2011-2021)


Detail Information

Item Type
Penulis
NADILA FITRIANA - Personal Name
(Khairir Rizan - Personal Name
Akhmad Rizani - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Jurusan Keperawatan : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KTI-KEP /024/2022
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail