ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA KLIEN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESAMAS SUNGAI RAYA

Detail Cantuman

CD-ROM

ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA KLIEN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESAMAS SUNGAI RAYA

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA DIREKTORAT JENDERAL TENAGA KESEHATAN POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN PROGRAM STUDI DIPLOMA III
KEPERAWATAN
TAHUN 2022



Karya Tulis Ilmiah
MI’RATUL FAJRIAH

ABSTRAK

ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA KLIEN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESAMAS SUNGAI RAYA
Bahrul Ilmi1 Zainab2
xvi + 90 halaman ; 14 tabel ; 2 gambar + 15 lampiran

Hipertensi adalah keadaan hasil pemeriksaan rata-rata tekanan darah yang mencapai ≥140/90mmHg dengan dua kali pengukuran. Hipertensi tidak terjadi secara tiba-tiba, melainkan melalui proses yang berlangsung cukup lama, pada sebagian kasus hipertensi tidak menunjukan gejala apapun. Hipertensi jika tidak ditangani akan berdampak pada komplikasi penyakit yang lain seperti kerusakan ginjal, jantung, otak bahkan pada kematian, sehingga perlu dilakukan asuhan keperawatan yang koprehensif pada keluarga dengan hipertensi di rumah. Tujuan penelitian ini, untuk melakukan asuhan keperawatan keluarga dengan hipertensi.
Rancangan pada karya tulis ilmiah ini dalam bentuk laporan asuhan keperawatan dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan yaitu dengan cara mengumpulkan data dimulai dari pengkajian, menentukan diagnosa, melakukan perencanaan, melaksanakan tindakan dan melakukan evaluasi kepada klien. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, pemeriksaan fisik, dan studi dokumentasi dengan melihat dokumen hasil pemeriksaan diagnostik klien.
Hasil pengkajian didapatkan diagnosa yaitu gangguan rasa nyaman berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga memanfaatkan pelayanan kesehatan, defisiensi pengetahuan berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga mengenal masalah kesehatan, dan resiko jatuh berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga memodifikasi lingkungan.
Dari ketiga diagnosa, dapat teratasi secara keseluruhan. Diharapkan penelitian ini menjadi salah satu bahan edukasi dan intervensi keperawatan dalam pelaksanaan pada klien dengan hipertensi.


Kata kunci : Asuhan Keperawatan Keluarga, Hipertensi
Kepustakaan : (2014 – 2022)


Detail Information

Item Type
Penulis
BAHRUL ILM - Personal Name
MI’RATUL FAJRIAH - Personal Name
Zainab - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Jurusan Keperawatan : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KTI-KEP/ 019/2022
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail