ASUHAN KEPERAWATAN GERONTIK PADA PASIEN STROKE NON HEMORAGIK DI RSUD DR. H. MOCH. ANSARI SALEH KOTA BANJARMASIN

Detail Cantuman

CD-ROM

ASUHAN KEPERAWATAN GERONTIK PADA PASIEN STROKE NON HEMORAGIK DI RSUD DR. H. MOCH. ANSARI SALEH KOTA BANJARMASIN

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN PROGRAM STUDI KEPERAWATAN PROGRAM DIPLOMA TIGA
TAHUN 2022


Karya Tulis Ilmiah
MARIATUL KIBTIYAH

ABSTRAK

ASUHAN KEPERAWATAN GERONTIK PADA PASIEN STROKE NON HEMORAGIK DI RSUD DR. H. MOCH. ANSARI SALEH KOTA BANJARMASIN
(Zainab1, Bahrul Ilmi2)
xv + 102 halaman ; 10 tabel ; 1 gambar + 9 lampiran

Lansia adalah seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun ke atas. Stroke non hemoragik adalah kerusakan otak akibat berkurangnya aliran yang disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh darah ke otak. RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh Kota Banjarmasin menyatakan pada bulan Januari-September 2021 didapatkan data jumlah penderita stroke sebanyak 186 orang dengan presentase penderita kategori lansia sebanyak 4,4%. Tujuan penulisan ini untuk melakukan asuhan keperawatan gerontik dengan stroke non hemoragik.
Rancangan pada karya tulis ilmiah ini dalam bentuk laporan asuhan keperawatan dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan yaitu dengan cara mengumpulkan data dimulai dari pengkajian, menentukan diagnosa, melakukan perencanaan, melaksanakan tindakan, dan melakukan evaluasi. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, pemeriksaan fisik, pengkajian persarafan dan studi dokumentasi dengan melihat rekam medis pasien.
Hasil pengkajian didapatkan diagnosa perfusi serebral tidak efektif berhubungan dengan infark jaringan otak, gangguan mobilitas fisik berhubungan dengan gangguan neuromuskuler, gangguan komunikasi verbal berhubungan dengan penurunan sirkulasi serebral, gangguan menelan berhubungan dengan gangguan saraf kranial, defisit perawatan diri berhubungan dengan kerusakan neuromuskuler dan kelemahan, gangguan interakasi sosial berhubungan dengan ketidakteraturan atau kekacauan lingkungan. Dari keenam diagnosa tersebut, semuanya hanya dapat teratasi sebagian.
Diharapkan penulisan karya tulis ilmiah ini dapat dijadikan sebagai penunjang format pengkajian sesuai standar operasional prosedur, melengkapi referensi kepustakaan, meningkatkan pemberian dukungan dan motivasi keluarga kepada pasien dalam penerapan asuhan keperawatan yang konsisten dan sesuai teori.



Kata Kunci : Gerontik, Stroke Non Hemoragik
Kepustakaan : 10 (2012 - 2022)


Detail Information

Item Type
Penulis
Dr. Bahrul Ilmi, S.Pd,.M.Kes - Personal Name
Zainab - Personal Name
MARIATUL KIBTIYAH - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Jurusan Keperawatan : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KTI-KEP/018/2022
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail