LITERATURE REVIEW ASUHAN KEPERAWATAN PASIEN DENGAN PNEUMONIA

Detail Cantuman

LITERATURE REVIEW ASUHAN KEPERAWATAN PASIEN DENGAN PNEUMONIA

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEPERAWATAN
TAHUN 2022



Karya Tulis Ilmiah

ABSTRAK

ISTIQOMAH FITRIA WIRANTI
LITERATURE REVIEW ASUHAN KEPERAWATAN PASIEN DENGAN PNEUMONIA
(Hammad; Syamsul Firdaus)
Xv+ halaman; tabel + lampiran


Penyakit infeksi merupakan masalah kesehatan masyarakat terutama bagi negara maju dan berkembang. Penyakit infkesi terjadi ketika adanya interaksi dengan mikroorganisme menyebabkan kerusakan pada tubuh dan kerusakan tersebut menimbulkan berbagai gejala dan tanda klinis. Salah satu penyakit infkesi ialah pneumonia. Literature Review ini bertujuan untuk mempelajari dan memahami secara mendalam mengenai asuhan keperawatan pada pasien dengan pneumonia.
Penulisan ini menggunakan metode literature review dengan pendekatan Asuhan Keperawatan dengan melaksanakan asuhan sebagai unit analis. Unit analisis adalah pasien dewasa dengan Pneumonia. Metode pengambilan data adalah dengan wawancara, observasi, pemeriksaan fisik, studi dokumentasi dan pemeriksaan penunjang. Instrumen pengumpulan data menggunakan format pengkajian Asuhan Keperawatan sesuai ketentuan yang berlaku kemudian di analisa dan dibandingkan dari dua laporan asuhan keperawatan tersebut serta hasilnya disajikan dalam bentuk tabel dan narasi.
Berdasarkan pada pengkajian, penegakkan diagnosa, intervensi,
implementasi, dan hasil evaluasi, didapatkan data dari masing-masing pasien mengeluh batuk berdahak disertai pusing kepala, dan demam naik turun. Diagnosa keperawatan yang dibandingkan adalah ketidakefektifan bersihan jalan nafas dan gangguan pola tidur yang dialami oleh kedua pasien.
Dapat disimpulkan bahwa setiap pasien dengan pneumonia memiliki respon yang berbeda terhadap penyakitnya. Diharapkan perawat lebih mampu melakukan asuhan keperawatan secara komprehensif serta meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam melakukan asuhan keperawatan pada pasien Pneumonia.



Kata Kunci : Pneumonia, Asuhan Keperawatan
Kepustakaan : (2015 - 2020)


Detail Information

Item Type
Penulis
Hammad - Personal Name
ISTIQOMAH FITRIA WIRANTI - Personal Name
Syamsul Firdaus) - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Jurusan Keperawatan : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KTI-KEP /012/2022
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail