SANITASI KAPAL PENUMPANG DI PELABUHAN TRISAKTI BANJARMASIN TAHUN 2022

Detail Cantuman

CD-ROM

SANITASI KAPAL PENUMPANG DI PELABUHAN TRISAKTI BANJARMASIN TAHUN 2022

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI SANITASI PROGRAM DIPLOMA TIGA
JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN
TAHUN 2022
ABSTRAK
Karya Tulis Ilmiah
FAUZAN SYAHRI RAMADHAN
SANITASI KAPAL PENUMPANG DI PELABUHAN TRISAKTI BANJARMASIN TAHUN 2022
(H. Imam Santoso, S.KM., M.Kes dan Dr. Tien Zubaidah, S.KM., M.KL)
XII + 50 Halaman : 11 Tabel ; 9 Gambar ; 4 Lampiran.

Sanitasi kapal adalah segala usaha yang ditujukan terhadap faktor lingkungan di kapal untuk memutuskan mata rantai penularan penyakit, sanitasi kapal berlaku untuk semua jenis kapal baik kapal penumpang maupun kapal barang. Pada Pelabuhan Trisakti Banjarmasin bulan mei 2022 terdapat 4 kapal penumpang, Pelabuhan Trisakti Banjarmasin sebagai Pelabuhan terbesar se kalimantan menjadikan sebagai pintu gerbang masuk dan keluarnya orang atau barang dari luar/dalam pulau kalimantan. Hal itu menjadikan menjadikan kapal penumpang di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin perlu dilakukan upaya sanitasi kapal. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui kondisi sanitasi sarana dan prasarana kapal penumpang di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Kalimantan Selatan Tahun 2022.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif, yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk menggambarkan sanitasi sarana dan prasarana kapal penumpang di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Populasi dan sampel pada penelitian adalah seluruh Kapal Penumpang Di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pada 4 sampel kapal penumpang di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Tahun 2022 terdapat 1 kapal (25%) memiliki kondisi sanitasi baik sedangkan 3 kapal (75%) dalam kondisi nilai sanitasi sedang.
Upaya yang dapat dilakukan oleh instansi terkait seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin, PT. Pelindo Cabang Banjarmasin, Agent Kapal, lebih memperhatikan kondisi sanitasi kapal penumpang dan melakukan pengawasan dan pembinaan, serta penumpang selalu menjaga kebersihan kapal.

Kata Kunci : Sanitasi, Kapal Penumpang, Pelabuhan
Kepustakaan : 22 (1986 – 2020)


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit KESEHATAN LINGKUNGAN : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
023/KL-KTI/2022
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail