SANITASI LINGKUNGAN TERMINAL BUS KANDANGAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN TAHUN 2022

Detail Cantuman

CD-ROM

SANITASI LINGKUNGAN TERMINAL BUS KANDANGAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN TAHUN 2022

XML

Terminal bus Kandangan dekat dengan pasar yang menyebabkan orang yang berada di pasar menggunakan fasilitasnya seperti menggunakan toilet, mushola, ruang tunggu, dan lain sebagainya. Terminal bus Kandangan juga di buka setiap hari yang mana pengunjung banyak dan aktifitas pengunjung membuat banyaknya sampah, limbah yang ada di terminal menjadikan sanitasinya kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas sanitasi terminal bus Kandangan.
Penelitian ini bersifat deskriptif, yaitu menggambarkan keadaan di lapangan dan mendeskripsikan variabel dengan masalah yang diteliti. Desain penelitian bersifat observasional dengan metode pengumpulan data observasi dan wawancara. Populasi yaitu seluruh komponen yang ada pada terminal. Analisis data secara deskriptif dilakukan pada keseuruhan objek permasalan yang ada di terminal dengan cara menggambarkan keadaan, menginterpretasi hasil dan membandingkan dengan beberapa peraturan.
Berdasarkan hasil pengamatan Terminal Bus Kandangan masuk dalam kategori laik sehat dengan nilai sanitasi 72%. Hasil pengamatan menunjukkan kualitas kesehatan lingkungan dan bangunan terminal laik sehat (84%), kebersihan ruang laik sehat (85%), fasilitas sanitasi laik sehat (70%), pengelolaan makanan laik sehat (100%), kenyamanan dan keselamatan laik sehat (60%), namun untuk pengendalian serangga dan tikus tidak laik sehat (30%).
Diharapkan masyarakat ikut berperan serta dalam menjaga kebersihan lingkungan terminal. Di samping itu pengelola terminal dapat secara berkala melakukan inspeksi sanitasi.


Detail Information

Item Type
Penulis
Hafijyatul Husna - Personal Name
H. Imam Santoso, S.KM., M.Kes - Personal Name
Noraida, S.KM., M.Kes - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Jurusan kesehatan lingkungan : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
006/KTI-KL/2022
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail