Perbedaan Pengetahuan Ibu dan Pola Asuh Makan Balita Kelompok BGM dan Tidak BGM (Di Wilayah Kerja Puskesmas Tatah Makmur Tahun 2019)

Detail Cantuman

Text

Perbedaan Pengetahuan Ibu dan Pola Asuh Makan Balita Kelompok BGM dan Tidak BGM (Di Wilayah Kerja Puskesmas Tatah Makmur Tahun 2019)

XML

SKRIPSI
EKA HERVINA
PERBEDAAN PENGETAHUAN IBU DAN POLA ASUH MAKAN DENGAN KELOMPOK BGM DAN TIDAK BGM PADA BALITA ( DI Wilayah Kerja Puskesmas Tatah Makmur Tahun 2019)
(Nurhamidi, SKM, M.Kes)
Gizi Menjadi bagian yang sangat penting dalam pertumbuhan Gizi di dalamnya memiliki keterkaitan yang sangat erat hubungannya dengan kesehatan dan kecerdasan. pada tahun 2011 World Health Organization (WHO, 2011) memperkirakan bahwa 54% kematian anak disebabkan oleh keadaan gizi yang buruk atau yang kurang , dua pertiga diantaranya terkait dengan pemberian makan yang kurang tepat. diperkirakan masih terdaftar sekitar 1,7 juta balita terancam gizi buruk dan kurang yang keberadaannya tersebar di pelosok-pelosok Indonesia. Kurangnya pengetahuan gizi ibu dapat mempengaruhi pola asuh makan yang diberikan pada balita sehingga akan berdampak pada status gizi balita. Prevalensi anak balita gizi buruk sebanyak 12,62% dari 108 oarang dan prevalensi gizi kurang sebanyak 35,05% dari 300 orang. Angka ini lebih tinggi dibandingkan angka prevalensi dari seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Banjar 15,6%. Tujuannya adalah mengetahui perbedaan pengetahuan ibu dan pola asuh makan balita dengan kelompok BGM dan tidak BGM pada balita di Wilayah Kerja Puskesmas Tatah Makmur Kabupaten Banjar. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Observasional Analitik dengan pendekatan Cross Sectional dimulai dengan mengedintifikasi kelompok kasus (36 Balita BGM) dan Kelompok Kontrol (36 Balita tidak BGM) karena pada penelitian populasi Balita BGM terbatas. Populasi dalam penelitian adalah seluruh balita berusia 0-59 bulan yang menderita BGM di Wilayah kerja Puskesmas Tatah Makmur dari 36 Balita. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji korelasi Chi square a= 0,05 pengetahuan ibu Balita BGM lebih banyak terdapat pada katagori baik sebanyak 22 orang dengan presentase 61% dan pengetahuan ibu balita tidak BGM lebioh banyak terdapat pada katagori baik sebanyak 25 orang dengan presentase 69% nilai p= 0,458>a0,05, yang artinya tidak terdapat perbedaan antara pengetahuan ibu dengan kelompok balita BGM dan tidak BGM. Pola asuh makan Ibu Balita lebih banyak terdapat pada katagori baik sebayak 21 orang dengan presentase 58% dan balita tidak BGM lebih banyak terdapat pada katagori baik sebanyak 22 orang dengan presentase 61% . nilai p= 0,810> a0,05 yang artinya tidak terdapat perbedaan antara pola asuh makan ibu dengan kelompok balita BGM dan tidak BGM di wilayah kerja Puskesams Tatah Makmur Tahun 2019. Tidak terdapat perbedaan antar pengetahuan ibu dan pola asuh makan dengan kolompok balita BGM dan Tidak BGM pada balita di Wuilayah Kerja Puskesmas Tatah Makmur Tahun 2019
Kata Kunci : Pengetahuan Ibu, Pola Asuh Makan, Balita.


Detail Information

Item Type
Penulis
EKA HERVINA - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Publish
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Publish
Subyek
No Panggil
649.3/Her/h
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail