PENGARUH MALOKLUSI TERHADAP ASPEK PSIKOSOSIAL REMAJA

Detail Cantuman

CD-ROM

PENGARUH MALOKLUSI TERHADAP ASPEK PSIKOSOSIAL REMAJA

XML

KEMENKES REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI DIPLOMA III
KEPERAWATAN GIGI
TAHUN 2021

ABSTRAK
Karya Tulis Ilmiah
IZMA NAUQIL FAJRINA
PENGARUH MALOKLUSI TERHADAP ASPEK PSIKOSOSIAL REMAJA
Pembimbing (I): drg. Hj. Naning Kisworo Utami, M.Kes, Pembimbing (II): Hj. Ida Rahmawati, SKM, MPH
xii + 38 halaman; 3 tabel; 1 gambar; 1 lampiran

Penampilan khususnya wajah merupakan salah satu hal yang berpengaruh terhadap pembentukan konsep dan harga diri. Tidak sedikit pula remaja menjadi kurang aktif dalam bersosial disebabkan oleh kurangnya rasa percaya diri akibat penampilannya yang dirasa kurang menarik, salah satunya maloklusi, karena bagian wajah merupakan bagian yang paling sering diperhatikan. Gangguan yang berakibat pada aspek psikologis dan aspek sosial tentunya akan berakibat pada menurunnya produktifitas.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh maloklusi terhadap aspek psikososial remaja. Data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan metode dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, buku, makalah atau artikel, jurnal, dan sebagainya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa maloklusi berpengaruh terhadap aspek psikososial remaja, karena dianggap mengganggu keestetikaan wajah berpengaruh terhadap psikososial remaja yang mengakibatkan adanya perasaan tersinggung, menurunnya kepercayaan diri, dan merasa malu, dalam hal berinteraksi dan meningkatkan kemampuan diri.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu maloklusi berpengaruh terhadap aspek psikososial remaja. Disarankan bagi remaja yang terganggu psikososialnya untuk melakukan perawatan ortodonti dan bagi remaja yang belum memahami maloklusi bisa diberikan edukasi tentang perawatan sederhana menjaga oral hygiene bagi penderita gigi berjejal.


Kata Kunci: Maloklusi, Psikososial, Remaja.
Kepustakaan: 41 (1966-2018)


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit KEPERAWATAN Gigi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KTI //017/KEP /21
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail