PERBEDAAN PENYULUHAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP PENGETAHUAN MURID KELAS III, IV & V DI SD NEGERI PENDALAMAN BARU KABUPATEN BARITO KUALA

Detail Cantuman

CD-ROM

PERBEDAAN PENYULUHAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP PENGETAHUAN MURID KELAS III, IV & V DI SD NEGERI PENDALAMAN BARU KABUPATEN BARITO KUALA

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI KESEHATAN GIGI
PROGRAM DIPLOMA TIGA
TAHUN 2021
ABSTRAK
Karya Tulis Ilmiah

HELDA KARTINI
PERBEDAAN PENYULUHAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP PENGETAHUAN MURID KELAS III, IV & V DI SD NEGERI PENDALAMAN BARU KABUPATEN BARITO KUALA.
Pembimbing (I): drg. Hj. Metty Amperawati, M.Kes., Pembimbing (II): Siti Sab’atul Habibah, SKM, M.Kes.
xiii + 48 Halaman; 6 tabel; 2 gambar; 13 lampiran

Tingginya angka penyakit gigi dan mulut pada anak sekolah disebabkan oleh karena kurangnya pengetahuan anak tentang kesehatan gigi dan mulut. Hal ini menyebabkan anak tidak terlalu memperhatikan kesehatan gigi dan mulutnya sehingga sangat rentan untuk terkena penyakit gigi dan mulut. Faktor perilaku anak yang kurang memperhatikan kebersihan gigi dan mulut juga dapat mempengaruhi kebersihan gigi dan mulutnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut menggunakan media puzzle dengan media kartu bergambar terhadap pengetahuan murid kelas III, IV & V di SD Negeri Pendalaman Baru Kabupaten Barito Kuala. Metode penelitian adalah eksperimen semu (quasi eksperimental), Populasi berjumlah 67 murid, teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan jumlah sampel 64 responden, rancangan penelitian pre-test post-test two group design. Penelitian ini menggunakan analisis data uji statistik independent sample t-test.
Hasil penelitian pengetahuan sebelum penyuluhan media puzzle 6,16 sesudah 9,69. Sedangkan untuk media kartu bergambar sebelum dilakukan penyuluhan 6,53 dan sesudah 11,78. Berdasarkan analisis SPSS melalui uji Independent Sample T-test pada kolom sig (2-tailed) ρ=0,027 dengan nilai α=0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ρ<α maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Berdasarkan hasil penelitian Ada perbedaan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut menggunakan media puzzle dengan media kartu bergambar terhadap pengetahuan pada murid kelas III, IV & V di SD Negeri Pendalaman Baru Kabupaten Barito Kuala. Diharapkan untuk responden agar dapat menerapkan pengetahuan yang didapat dalam kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci : Penyuluhan, Puzzle, Kartu Bergambar, Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut
Kepustakaan : 36 (2002-2020).


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit KEPERAWATAN Gigi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KTI //013/KEP GIGI /21
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail