LITERATUR REVIEW : ASUHAN KEPERAWATAN GANGGUAN PERSEPSI SENSORI : HALUSINASI PENDENGARAN

Detail Cantuman

LITERATUR REVIEW : ASUHAN KEPERAWATAN GANGGUAN PERSEPSI SENSORI : HALUSINASI PENDENGARAN

XML

ABSTRAK
Karya Tulis Ilmiah
(Novi Tri Ariyani Diana Amalia)
ASUHAN KEPERAWATAN GANGGUAN PERSEPSI SENSORI : HALUSINASI PENDENGARAN (Akhmad Rizani, S.Kp., M.Kep1, H.Khairir Rizani,S.ST.,M.Kes2 )

Penanganan pasien halusinasi pendengaran dilakukan dengan mengenal isi halusinasi, waktu terjadinya halusinasi, frekuensi terjadinya halusinasi, situasi yang menyebabkan halusinasi muncul serta respons pasien jika halusinasinya muncul, mengontrol dengan cara menghardik selain itu bisa juga dengan cara bercakap-cakap dengan orang lain.

Desain penelitian ini menggunakan metode literature review yaitu menganalisis asuhan keperawatan jiwa dengan masalah gangguan persepsi sensori: halusinasi pendengaran, lokasi penelitian pasien 1 (Tn. N ) dilakukan di RSJ Prof, Dr. Soerojo Magelang dan pasien 2 ( Tn. H ) dilakukan di RSJ Atma Husana Mahamakan Samarinda.

Hasil review kasus terhadap kedua pasien di mana hasil diognoasa antara kedua pasien sama yaitu sama-sama mengalami gangguan jiwa alusinasi pendengaran. Adapun perbedaan yaitu intervensi yang dilakukan di mana pada pasien 1 hanya dilakukan SP 1, SP 2 dan SP 3, sedangkan pada pasien 2 dilakukan sampai SP 4 (1-4), begitu juga pada implementasi keperawatannya, pada pasien 1 hanya dilakukan selama 3 hari sedangkan pada pasien 2 dilakukan selama 6 hari dengan hasil pasien 1 belum terasai sedangkan pada pasien 2 masalah sudah berhasil.

Kesimpulan dari kedua subyek penelitian di temukan hasil yang berbeda di mana pasien 1 masalah belum teratasi sedangkan pasien 2 masalah sudah teratasi. Saran: diharapkan bagi RS dapat melengkapi sarana dan prasarananya dalam pemberian asuhan keperawatan pada pasien gangguan jiwa halusinasi pendengaran, kepada pasien dapat mengubah pola hidupnya dan keluarga pasien dapat memberikan support terhadap pasien, sedangkan untuk dunia pendidikan bisa dijadikan dasar pengetahuan dalam mengembangkan kemampuan dan skill terkait asuhan keperawatan terhadap pasien dengan gangguan jiwa halusinasi pendengaran.

Kata Kunci : Persepsi Sensori, Halusinasi Pendengaran.

Kepustakaan : 2 (2009 - 2020).


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KEP/KTI-031/2021
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail