ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN DENGAN GANGGUAN HARGA DIRI RENDAH DI RSUD Dr. H. MOCH ANSARI SALEH BANJARMASIN

Detail Cantuman

ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN DENGAN GANGGUAN HARGA DIRI RENDAH DI RSUD Dr. H. MOCH ANSARI SALEH BANJARMASIN

XML

ABSTRAK
Laporan Tugas Akhir
NORVANSYAH AL FAHRIZI
ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIENDENGAN GANGGUAN HARGA DIRI RENDAH DI RSUD Dr. H. MOCH ANSARI SALEH
BANJARMASIN
Akhmad Rizani dan Syamsul Firdaus
xi + 77 halaman ; 7 tabel ; 5 gambar + 7 lampiran

Harga diri rendah yang dialami klien merupakan perasaan malu atau minder karena mendapatkan ejekan, karena adanya kekurangan pada diri yang biasanya disebabkan oleh penilaian negatif dari diri sendiri maupun orang lain dalam lingkungan yang sama. Studi kasus ini bertujuan untuk mengeksplorasi Asuhan Keperawatan pada klien dengan Gangguan Harga Diri Rendah di Ruang Yakut RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh.

Metode dalam bentuk Studi Kasus. Subjeknya adalah klien dengan harga diri rendah dan berfokus pada masalah keperawatan yang timbul pada klien. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, pemeriksaan fisik, serta studi dokumentasi di Ruang Yakut RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh selama 6 hari.

Hasil pengkajian didapatkan bahwa klien tampak gelisah, malu, terkadang takut dan suka menyendiri. Diagnosa keperawatan yang muncul adalah harga diri rendah. Setelah dilakukan asuhan keperawatan selama 6 hari, klien dapat membina hubungan saling percaya, mengidentifikasi dan menilai kemampuan atau aspek positif yang dimiliki, melakukan aktivitas sesuai jadwal, dan dapat menjalankan terapi obat dengan benar.

Kerja sama antara tim kesehatan dan klien atau keluarga klien sangat diperlukan untuk keberhasilan asuhan keperawatan pada klien, komunikasi terapeutik dapat mendorong klien lebih kooperatif, peran keluarga sangat penting dalam merawat klien dengan gangguan Harga Diri Rendah.

Kata kunci : Asuhan Keperawatan, Gangguan Harga Diri Rendah.
Kepustakaan : 20 (2008 – 2017)


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Penerbit Jurusan Keperawatan : .,
Edisi
Subyek
No Panggil
KEP/KTI-030/2021
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail