LITERATURE REVIEW ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN BATU SALURAN KEMIH DENGAN MASALAH NYERI

Detail Cantuman

LITERATURE REVIEW ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN BATU SALURAN KEMIH DENGAN MASALAH NYERI

XML

ABSTRAK
Karya Tulis Ilmiah
NURUL KHOFIZAH
LITERATURE REVIEW ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN BATU SALURAN KEMIH DENGAN MASALAH NYERI
(Akhmad Rizani dan Hj. Endang Sri P.N)
Xvi + 116 lembar ; 14 tabel ; 3 gambar + 2 lampiran

Masalah utama pasien batu saluran kemih adalah nyeri, nyeri berdampak pada terganggunya ADL, keterbatasan pasien dan respon emosi sehingga perlu asuhan keperawatan yang komprehensif. Tujuan dari literature review ini mengeksplorasi pemberian asuhan keperawatan pada pasien batu saluran kemih berfokus pada nyeri dengan pengkajian, diagnosa keperawatan, intervensi keperawatan, implementasi keperawatan, serta evaluasi keperawatan.
Rancangan pada karya tulis ilmiah ini dalam bentuk laporan asuhan keperawatan menggunakan pendekatan proses keperawatan berdasarkan literature review. Subjek adalah pasien batu saluran kemih. Instrumen yang digunakan yaitu 2 (dua) laporan asuhan keperawatan pada pasien batu saluran kemih dengan berfokus pada mempelajari nyeri. Protokol dan evaluasi menggunakan JBI Critical Appraisal. Strategi yang digunakan adalah PICOT framework.
Hasil literature review pada ketiga laporan kasus diagnosa berfokus pada nyeri. Setelah dilakukan asuhan keperawatan 3x24 jam pada Tn.D dan Tn.E sedangkan 1x24 jam pada Tn.S.L hasil keluhan nyeri menurun, meringis tidak ada dan ekspresi nyeri wajah tidak ada.
Penanganan pada pasien batu saluran kemih untuk mengatasi nyeri perlu dilakukan tindakan agar dapat meningkatkan motivasi pasien dalam beradaptasi terhadap penyakitnya dan rasa nyeri yang dirasakan sehingga mampu membangun mekanisme koping yang efektif dan dapat meningkatkan kualitas hidupnya.

Kata kunci : Asuhan Keperawatan, Batu saluran kemih, Nyeri
Kepustakaan : (2002 – 2020)


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KEP/KTI-0035/2021
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail