LITERATURE REVIEW ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA LANSIA DENGAN DIABETES MELITUS”

Detail Cantuman

LITERATURE REVIEW ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA LANSIA DENGAN DIABETES MELITUS”

XML

ABSTRAK
Karya Tulis Ilmiah
ALYA RAHMA
“LITERATURE REVIEW ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA LANSIA DENGAN DIABETES MELITUS”
(Khairir Rizani & Suroto)

Diabetes adalah penyakit metabolisme kronis dengan karakteristik meningkatnya kadar gula darah yang seiring waktu mengarah pada kerusakan jantung, pembuluh darah, mata, ginjal dan saraf. Data WHO memperkirakan sebanyak 1,6 juta kematian di dunia diakibatkan oleh diabetes dan hampir setengah dari seluruh kematian tersebut terjadi pada lansia. Di Indonesia, data Riskesdas tahun 2018 menunjukkan 19,6% penderita diabetes melitus merupakan penduduk berusia 55-64 tahun dan 19,6% lainnya merupakan penduduk berusia 65-74 tahun. Hal ini berarti lansia mendominasi prevalensi penderita diabetes mellitus sehingga perlu mendapatkan asuhan keperawatan keluarga karena keluarga berperan dalam menentukan asuhan yang diberikan pada pasien.
Penelitian ini berupa laporan literatur review dari dua asuhan keperawatan keluarga lansia dengan diabetes melitus yang meliputi pengkajian, diagnosa, perencanaan, implementasi dan evaluasi yang didapatkan dari database google scholar dan Microsoft Academic yang kemudian dikaji lebih dalam dan disajikan dalam bentuk tabel serta narasi.
Hasil kajian kedua asuhan menunjukkan adanya beberapa perbedaan pada bagian pengkajian, diagnosis, intervensi, implementasi dan evaluasi sehingga diharapkan penelitian ini dapat menjadi sumber informasi dan rujukan dalam pengembangan dan aplikasi ilmu kesehatan serta menambah wawasan untuk penelitian selanjutnya.

Kata Kunci : Asuhan Keperawatan Keluarga, Diabetes Melitus
Kepustakaan : (2011-2021)


Detail Information

Item Type
Penulis
Alya Rahma - Personal Name
Khairir Rizani, S.ST.,M.Kes - Personal Name
Dr. Suroto, S.KM, M.Kes - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Jurusan Keperawatan : .,
Edisi
Subyek
No Panggil
KEP/KTI-004/2021
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail