LITERATURE REVIEW ASUHAN KEPERAWATAN PADA IBU HAMIL HIPEREMESIS GRAVIDARUM DENGAN MASALAH KETIDAKSEIMBANGAN NUTRISI

Detail Cantuman

CD-ROM

LITERATURE REVIEW ASUHAN KEPERAWATAN PADA IBU HAMIL HIPEREMESIS GRAVIDARUM DENGAN MASALAH KETIDAKSEIMBANGAN NUTRISI

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI KEPERAWATAN
DIPLOMA TIGA
TAHUN 2021

ABSTRAK
Karya Tulis Ilmiah
ASTRIANI NARULITA
LITERATURE REVIEW ASUHAN KEPERAWATAN PADA IBU HAMIL HIPEREMESIS GRAVIDARUM DENGAN MASALAH KETIDAKSEIMBANGAN NUTRISI
(Agustine Ramie1, Mahdalena2)
xvi + 90 halaman ; 10 tabel ; 0 gambar ; 4 lampiran

Masa kehamilan merupakan proses adaptasi bagi seorang ibu dimana dapat mengakibatkan berbagai perubahan baik pada fisik, mental, sosial budaya serta ekonomi sehingga dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi dan masalah-masalah kehamilan, contohnya saja mual dan muntah pada ibu. Jika frekuensinya terjadi secara berlebihan akan dapat menggangu pekerjaan sehari-hari dan keadaan umum ibu menjadi buruk sehingga kekurangan energi dan zat gizi yang dikenal dengan Hiperemesis Gravidarum. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengeksplorasi asuhan keperawatan pada ibu hamil hiperemesis gravidarum dengan masalah ketidakseimbangan nutrisi agar meningkatkan mutu pelayanan terhadap perawatan pasien.
Metode penelitian yang digunakan yaitu Literature Review, yang telah disesuaikan dengan kriteria inklusi dan ekslusi yang ditetapkan. Penulis membandingkan 2 artikel dengan teori yang ada untuk melihat apakah
terdapat kesenjangan pada proses asuhan keperawatan.
Hasil Literature Review pada Ny.H dan Ny.R, diagnosa berfokus pada ketidakseimbangan nutrisi. Setelah dilakukan tindakan keperawatan 3x24 jam hasil masalah ketidakseimbangan nutrisi teratasi pada kedua pasien dengan kriteria hasil adanya peningkatan berat badan sesuai dengan tujuan, berat badan ideal sesuai dengan tinggi badan, mampu mengidentifikasi kebutuhan nutrisi, dan tidak ada penurunan berat badan yang signifikan.
Kesimpulan yang didapat dari kedua kasus yakni adanya kesesuaian pada tanda dan gejala ketidakseimbangan nutrisi dengan teori yang ada, dan baik pada pasien 1 dan 2 pada hasil evaluasi masalah ketidakseimbangan nutrisi keduanya pada hari rawatan ketiga telah teratasi.
Kata kunci :Asuhan keperawatan, Hiperemesis Gravidarum, Ketidakseimbangan Nutrisi
Kepustakaan : (2011-2021)
MINISTRY OF HEALTH OF THE REPUBLIC OF INDONESIA
BANJARMASIN HEALTH POLYTECHNIC
NURSING STUDY PROGRAM
DIPLOMA THREE
YEAR 2021

ABSTRACT

Scientific papers
ASTRIANI NARULITA
LITERATURE REVIEW OF NURSING CARE IN PREGNANT WOMEN HYPEREMESIS GRAVIDARUM WITH NUTRITIONAL IMBALANCE PROBLEMS
(Agustine Ramie1, Mahdalena2)
xvi + 90 pages; 10 tables; 0 pictures; 4 attachments
Pregnancy is an adaptation process for a mother which can result in various changes in physical, mental, socio-cultural and economic so as to cause a variety of complications and problems of pregnancy, such as nausea and vomiting in the mother. If the frequency occurs excessively will be able to interfere with daily work and the general state of the mother becomes bad so that the lack of energy and nutrients commonly known Hyperemesis gravidarum. This research is intended to explore nursing care in hyperemesis gravidarum pregnant women with nutritional imbalance problems in order to improve the quality of service for patient care.
The research method used the Literature Review, which has been adapted to the criteria of inclusion and exclusion set. The author compares 2 articles with existing theories to see if there are gaps in the nursing care process.
Literature Review results on Ny.H. and Ny.R., diagnoses focus on nutritional imbalances. After 3x24 hours of nursing action the results of nutritional imbalance problems were resolved in both patients with the criteria for the result of weight gain in accordance with the objectives, ideal weight in accordance with height, able to identify nutritional needs, and no significant weight loss.
The conclusions obtained from both cases are the conformity of the signs and symptoms of nutritional imbalance with existing theories, and both in patients 1 and 2 on the results of the evaluation of the problem of nutritional imbalance both on the third day of treatment has been resolved.
Keywords : Nursing Care, Hyperemesis Gravidarum, Nutritional Imbalance
Bibliography : (2011-2021)


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Jurusan Keperawatan : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
050/KEP-KTI/21
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail