HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI DAN KEBIASAAN MAKAN DENGAN KEJADIAN DISPEPSIA PADA REMAJA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MARTAPURA TIMUR TAHUN 2019.

Detail Cantuman

File (Flashdisk)

HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI DAN KEBIASAAN MAKAN DENGAN KEJADIAN DISPEPSIA PADA REMAJA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MARTAPURA TIMUR TAHUN 2019.

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
GIZI
TAHUN 2019
ABSTRAK
Skripsi
RAHMAT HIDAYAT
HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI DAN KEBIASAAN MAKAN DENGAN KEJADIAN DISPEPSIA PADA REMAJA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MARTAPURA TIMUR TAHUN 2019 (Magdalena A., M.kes) xv + 86 Halaman + 11 Tabel + 2 Gambar + 14 Lampiran
Penyakit dispepsia dapat menyerang semua kalangan usia salah satunya yaitu remaja. Penyebab dispepsia karena pengetahuan gizi yang kurang dan kebiasaan makan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan gizi dan kebiasaan makan dengan kejadian dispepsia pada remaja di wilayah kerja Puskesmas Martapura Timur 2019.
Jenis penelitian observasional analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi 246 orang didapat dengan rata – rata perbulan dari laporan tahunan dan sampel berjumlah 71 orang remaja diambil dengan cara Accidental Sampling. Analisis data mengunakan uji korelasi Rank Spearman dengan tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05)
Hasil penelitian menunjukkan 54,9% pengetahuan gizi dengan kategori cukup, 63,4% kebiasaan makan dengan kategori teratur dan tidak terjadi dispepsia 62%. Ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan gizi dan kebiasaan makan dengan kejadian dispepsia pada remaja di wilayah kerja Puskesmas Martapura Timur tahun 2019.
Remaja diharapkan harus secara sadar menerapkan kebiasaan makan yang baik agar menurunkan angka kejadian penyakit dispepsia dan menambah wawasan tentang pengetahuan gizi untuk dapat memilih makanan yang baik dan benar.
Kata Kunci : Pengetahuan Gizi dan Kebiasaan Makan dengan Kejadian Dispepsia pada remaja
Referensi : 112 ( 1997 – 2018 )


Detail Information

Item Type
Penulis
Rahmad Hidayat - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Publish
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Publish
Subyek
No Panggil
616.3/Hid/h
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail