PENGARUH KONSUMSI AIR KELAPA MUDA (COCOS NUCIFERA L) TERHADAP pH SALIVA PADA SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN PUTERI NU MARTAPURA

Detail Cantuman

CD-ROM

PENGARUH KONSUMSI AIR KELAPA MUDA (COCOS NUCIFERA L) TERHADAP pH SALIVA PADA SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN PUTERI NU MARTAPURA

XML

KEMENKES REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI DIPLOMA III
KEPERAWATAN GIGI
TAHUN 2019
ABSTRAK
Karya Tulis Ilmiah
Dwi Krismiati
PENGARUH KONSUMSI AIR KELAPA MUDA (COCOS NUCIFERA L) TERHADAP pH SALIVA PADA SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN PUTERI NU MARTAPURA.
Pembimbing (1) Hj. Ida Rahmawati, SKM, MPH (2) Rasuna Ulfah, S.ST, M.Kes
Xiv+50 Halaman; 8 tabel, 1 gambar, 11 lampiran

Penyakit karies gigi disebabkan oleh proses demineralisasi pada jaringan keras gigi, saliva merupakan salah satu faktor yang berperan terhadap perkembangan karies, pH saliva yang rendah merupakan penyebab terjadinya karies gigi. Makanan yang kita makan dapat menyebabkan ludah kita bersifat asam maupun basa. Air kelapa muda, sudah sejak lama dikenal sebagai minuman yang menyehatkan. Letaknya yang terlindung oleh tempurung keras dan sabut kelapa yang tebal, membuat air kelapa menjadi minuman steril, bebas dari segala bentuk kontaminasi, serta mengandung gula reduksi, kalium, natrium, kalsium, vitamin C dengan pH 5,5.
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh mengkonsumsi air kelapa muda (Cocos Nucifera L) terhadap pH saliva pada santriwati Pondok Pesantren Puteri NU Martapura. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian One Group Pretest Post Test. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 39 santriwati.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata pH saliva sebelum mengkonsumsi air kelapa muda (Cocos Nucifera L) sebanyak 250 ml sebesar 7,19, sedangkan rata-rata pH saliva sesudah mengkonsumsi air kelapa muda (Cocos Nucifera L) sebesar 6,49. Berdasarkan hasil statistik dengan uji Paired T-Test menghasilkan nilai ρ = 0,000 < α =0,05.
Kesimpulannya ada pengaruh mengkonsumsi air kelapa muda (Cocos Nucifera L) terhadap pH saliva pada santriwati Pondok Pesantren Puteri NU Martapura. Disarankan untuk tidak mengkonsumsi air kelapa muda setelah mengkonsumsi makanan yang bersifat karbohidrat karena dapat menurunkan pH saliva.

Kata Kunci : Air Kelapa Muda, pH saliva
Kepustakaan : 42 (1992 - 2018 )


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit KEPERAWATAN Gigi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
JKG.09/KTI.2019
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail