SISTEM PENGANGKUTAN SAMPAH DI KECAMATAN BANJARBARU UTARA KOTA

Detail Cantuman

CD-ROM

SISTEM PENGANGKUTAN SAMPAH DI KECAMATAN BANJARBARU UTARA KOTA

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI DIPLOMA III
KESEHATAN LINGKUNGAN
TAHUN 2019

ABSTRAK

Karya Tulis Ilmiah
Reza Pratama, P07133116035
SISTEM PENGANGKUTAN SAMPAH DI KECAMATAN BANJARBARU UTARA KOTA BANJARBARU TAHUN 2019
(H. Hardiono, S.KM, M.Kes : Zulfikar Ali As, S.KM, M.T)
xii + 55 Halaman; 10 Tabel; 6 Gambar; 8 lampiran

Kecamatan Banjarbaru Utara salah satu kecamatan penyumbang sampah yang cukup besar di Kota Banjarbaru dengan jumlah penduduk mencapai 53.056 jiwa dan laju pertumbuhan penduduk tahun 2015 sampai 2017 sebanyak 2,87 %. Dengan meningkatnya jumlah penduduk pada Kecamatan Banjarbaru Utara maka akan meningkatkan pula keluaran sampah di kecamatan tersebut sehingga perlunya perhatian terhadap sistem pengangkutan sampah di kecamatan Banjarbaru Utara Kota Banjarbaru.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas sistem pengangkutan sampah yang melayani Kecamatan Banjarbaru Utara Kota Banjarbaru. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian yang bersifat deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh armada alat angkut yang melayani daerah di Kecamatan Banjarbaru Utara Kota Banjarbaru. Penelitian dilakukan dengan cara observasi dan melakukan perhitungan untuk menentukan efektifitas pengangkutan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengangkutan sampah di Kecamatan Banjarbaru Utara Kota Banjarbaru yang telah dilakukan sudah efektif namun tidak efisien karena kelebihan armada alat angkut. Hal ini bisa diatasi dengan cara kelebihan jumlah armada alat angkut ini bisa diatasi dengan cara merotasi ulang daerah pelayanan armada alat angkut yang ada atau bisa juga di pergunakan untuk kecamatan lain yang mungkin membutuhkan tambahan armada alat angkut.

Kata Kunci : Sistem pengangkutan sampah Kecamatan Banjarbaru Utara
Kepustakaan : 8 (1985-2017)




MINISTRY OF HEALTH OF THE REPUBLIC OF INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
STUDY PROGRAM DIPLOMA III
ENVIRONMENTAL HEALTH
YEAR 2019

ABSTRACT

Scientific Writing
Reza Pratama, P07133116035
WASTE TRANSPORT SYSTEM IN NORTH BANJARBARU SUBDISTRICT, BANJARBARU CITY, YEAR 2019
(H. Hardiono, S.KM, M.Kes: Zulfikar Ali As , S.KM, MT)
xii + 55 Pages; 10 Tables; 6 Picture; 8 attachment

North Banjarbaru Subdistrict, one of the sub-districts which contributes a considerable amount of garbage in the city of Banjarbaru with a population of 53,056 people and the rate of population growth in 2015 to 2017 is 2.87%. With the increase in population in the North Banjarbaru Sub-district, it will also increase the output of waste in the sub-district, so there is a need for attention to the garbage transportation system in the Banjarbaru Utara sub-district, Banjarbaru City.
The purpose of this study was to determine the effectiveness of the garbage transport system that serves the Banjarbaru North District, Banjarbaru City. The type of research conducted is descriptive research. The research population is the entire fleet of transportation equipment serving the area in the North Banjarbaru Subdistrict, Banjarbaru City. The study was conducted by observation and doing calculations to determine the effectiveness of transportation.
The results showed that the waste transportation system in Banjarbaru Utara Subdistrict, Banjarbaru City that had been carried out was effective but inefficient because of the excess fleet of transportation equipment. This can be overcome by overloading the fleet of transportation equipment can be overcome by re-rotating the service area of the fleet of transportation that is available or can also be used for other sub-districts that may need additional fleet of transportation equipment.

Keywords : Waste transport system in North Banjarbaru Subdistrict
Literature : 8 (1985-2017)


Detail Information

Item Type
Penulis
Reza Pratama - Personal Name
H.Hardiono, S.KM.M.Kes - Personal Name
ZULFIKAR ALI As, S.KM.M.T - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Jurusan kesehatan lingkungan : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KL.30/KTI.2019
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail