Text
PENGARUH EDUKASI TERHADAP MOTIVASI IBU MELAKUKAN PERAWATAN METODE KANGURU PADA BAYI BERAT LAHIR RENDAH DI RUANG PERINATOLOGI RSUD DATU KANDANG HAJI BALANGAN
XMLSKRIPSI
RINNA KUMALA SARI
rinna010290@gmail.com
PENGARUH EDUKASI TERHADAP MOTIVASI IBU MELAKUKAN
PERAWATAN METODE KANGURU PADA BAYI BERAT LAHIR
RENDAH DI RUANG PERINATOLOGI RSUD DATU KANDANG HAJI
BALANGAN
Rafidah, S.Si.T., M.Kes; Fitria Jannatul Laili, S.Keb., Bd., M.Kes
Latar Belakang: Bayi yang berat badan lahirnya rendah rentan mengalami
gangguan kesehatan, sehingga memerlukan perawatan ekstra, salah satunya
dengan memberikan edukasi kepada orang tua tentang perawatan metode kanguru,
cara memandikan bayi yang tepat, cara menjaga suhu tubuh bayi agar tetap
hangat.
Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh edukasi terhadap motivasi ibu melakukan
perawatan metode kangguru pada bayi baru lahir berat rendah di ruang
perinatologi RSUD Datu Kandang Haji Balangan.
Metode: Penelitian eksperimen dengan desain pre-eksperiment one group pretest-posttest. Sampel sebanyak 30 ibu yang memiliki bayi BBLR di RSUD Datu
Kandang Haji Balangan, teknik total sampling. Analisa data menggunakan uji
Wilcoxon.
Hasil: Didapatkan motivasi ibu sebelum diberikan PMK sebesar 70% dan sesudah
diberikan sebesar 93%. Terdapat pengaruh edukasi (p.value=0,005 < 0,05)
terhadap motivasi ibu melakukan perawatan metode kanguru pada bayi baru lahir
rendah.
Kesimpulan: Terdapat pengaruh edukasi terhadap motivasi ibu melakukan
perawatan metode kanguru pada bayi baru lahir rendah di ruang perinatologi
RSUD Datu Kandang Haji Balangan tahun 2024.
Kata Kunci : Perawatan Metode Kanguru, Edukasi, Motivasi Ibu
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
RINNA KUMALA SARI - Personal Name
Rafidah, S.Si.T., M.Kes - Personal Name Fitria Jannatul Laili, S.Keb., Bd., M.Kes - Personal Name |
Student ID | |
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi | |
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru., 2024 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
618 SAR p
|
Copyright | |
Doi |