HUBUNGAN UMUR DAN PARITAS IBU BERSALIN DENGAN KEJADIAN PREEKLAMPSIA DI RUANG KEBIDANAN RSUD DATU KANDANG HAJI BALANGAN

Detail Cantuman

HUBUNGAN UMUR DAN PARITAS IBU BERSALIN DENGAN KEJADIAN PREEKLAMPSIA DI RUANG KEBIDANAN RSUD DATU KANDANG HAJI BALANGAN

XML

INTISARI
SKRIPSI
KARINI
Karini.amdkeb@gmail.com
HUBUNGAN UMUR DAN PARITAS IBU BERSALIN DENGAN KEJADIAN PREEKLAMPSIA DI RUANG KEBIDANAN
RSUD DATU KANDANG HAJI BALANGAN
TAHUN 2024
Isrowiyatun Daiyah, S.ST., M.Keb ; Hj. Isnaniah, SST.,M.Pd ; Megawati, S.Si.T., M.Keb


Latar Belakang: Preeklampsia sampai saat ini masih menjadi penyebab terbesar morbiditas dan mortalitas maternal fetal diseluruh dunia.Salah satu faktor yang menyebabkan preeklampsia adalah umur dan paritas. RSUD Datu Kandang Haji Balangan merupakan satu-satunya Rumah Sakit Rujukan di Kabupaten Balangan. Kasus Preeklampsia dari tahun 2021 mengalami peningkatan sampai dengan tahun 2023
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Umur dan Paritas Ibu Bersalin dengan Kejadian Preeklampsia di ruang Kebidanan RSUD Datu Kandang Haji Balangan.
Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian case control. Sampel penelitian terdapat 204 menggunakan simple random sampling. Data yang dikumpulkan berupa data sekunder dari buku register. Analisa yang dilakukan yaitu univariat, bivariat menggunakan uji chi square.
Hasil : Sebagian besar ibu preeklampsia pada kategori umur beresiko ( < 20 dan > 35 tahun) yaitu sebanyak 65 orang (63,7%) dan Sebagian besar ibu preeklampsia pada kategori paritas ibu bersalin berisiko (1 dan > 4) yaitu sebanyak 74 orang (72,5%). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil uji Chi Square umur ibu terdapat p value 0,000 dengan OR (95% CI) 7,203 (3,821 – 13,577) dan untuk variabel paritas p value mendapatkan hasil 0,000 dengan OR (95% CI) 6,053 (3,302-11,095).
Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna / signifikan antara umur dan paritas ibu bersalin dengan kejadian preeklampsia

Kata kunci : ibu bersalin dengan preeklampsia, Umur dan Paritas


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Penerbit Jurusan Kebidanan : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
618.5 Kar H
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail