HUBUNGAN KEKURANGAN ENERGI KRONIS (KEK) DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS PASAR SABTU

Detail Cantuman

HUBUNGAN KEKURANGAN ENERGI KRONIS (KEK) DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS PASAR SABTU

XML

INTISARI



EVA FITRI YUNNI
evafitriyunni7@gmail.com
HUBUNGAN KEKURANGAN ENERGI KRONIS (KEK) DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS PASAR SABTU
Isrowiyatun Daiyah, S.ST., M.Keb; Erni Yuliastuti, , S.Si.T., M.Kes



Latar Belakang: Nutrisi yang tidak mencukupi selama kehamilan dapat menyebabkan anemia.Prevalensi kejadian anemia ibu hamil di Puskesmas Pasar Sabtu tahun 2023 sebesar 23,88% dan menjadi penyumbang angka kejadian anemia tertinggi di Kabupaten Hulu Sungai Utara.Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan antara kekurangan energi kronis (KEK) dengan kejadian anemia pada ibu hamil di Puskesmas Pasar Sabtu.
Metode: Penelitian observasi analitik menggunakan desain cross sectional. Sampel penelitian sama dengan jumlah populasi yaitu 185 orang yang diambil menggunakan teknik Nonprobability sampling menggunakan teknik Total Sampling. Variabel yang diteliti adalah KEK dan anemia ibu hamil.Tempat penelitian di wilayah Kerja Puskesmas Pasar Sabtu, waktu penelitian Januari-Mei 2024. Data ibu hamil KEK menggunakan data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung dan diperoleh dari pihak tertentu dengan cara studi dokumentasi pengumpulan data dengan melihat medical record. Data dianalisis menggunakan uji chi square.
Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan ibu hamil berisiko anemia 104 orang (56,2%), ibu hamil KEK berisiko 84 orang (45,4%). Terdapat hubungan KEK dengan kejadian anemia pada ibu hamil di Puskesmas Pasar Sabtu (p= 0,001) yang berarti (<0,05).
Kesimpulan: Anemia pada ibu hamil dapat dicegah dengan rutin mengkonsumsi tablet tambah darah dan meningkatkan asupan zat gizi seperti energi, protein, dan zat besi.
Kata kunci: Anemia, Ibu Hamil, KEK


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Penerbit Jurusan Kebidanan : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
618.2 Eva H
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail