File (Flashdisk)
Hubungan Karakteristik Pasien dan Lama Waktu Tunggu Hasil Pemeriksaan Laboratorium Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Laboratorium Klinik Zafa Medika Banjarbaru
XMLABSTRAK
Hubungan Karakteristik Pasien dan Lama Waktu Tunggu Hasil
Pemeriksaan Laboratorium Dengan Tingkat Kepuasan Pasien
di Laboratorium Klinik Zafa Medika Banjarbaru
Peneliti : Hellentine Putri Astria
Pembimbing : Tini Elyn Herlina, Erfan Roebiakto
Laboratorium klinik adalah laboratorium kesehatan yang menyediakan layanan
pemeriksaan spesimen klinik untuk memperoleh informasi tentang kesehatan
perorangan terutama untuk menunjang upaya diagnosis penyakit, penyembuhan
penyakit dan pemulihan kesehatan. Tahapan pengujian dilaboratorium umumnya
melibatkan tiga tahap utama, yaitu tahap pra analitik, analitik dan pasca analitik
yang memiliki kontribusi sekitar 60-70%. Kesalahan-kesalahan ini berdampak pada
kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan evaluasi terhadap kemampuan
layanan kesehatan dalam memenuhi harapan pasien. Adapun faktor-faktor yang
mempengaruhi kepuasan pasien seperti karakteristik individu (usia, jenis kelamin,
pendidikan, etnik, status pekerjaan, pendapatan, bahasa) dan waktu tunggu hasil
pemeriksaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara
karakteristik pasien dan lama waktu tunggu hasil pemeriksaan dengan tingkat
kepuasan pasien di Laboratorium Klinik Zafa Medika Banjarbaru pada bulan
Januari – Maret 2024. Jenis penelitian ini menggunakan metode survei analitik
dengan rancangan Cross Sectional. Populasi dan sampel penelitian terdiri dari 41
responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pengguna layanan
kesehatan adalah perempuan (61%) dengan kelompok umur 46-55 tahun (24%),
berpendidikan tinggi (68%), bekerja di sektor swasta (36%) dan berpenghasilan
>Rp 3.150.000 (73%) dengan waktu tunggu hasil pemeriksaan laboratorium < 140
menit (65%). Dari uji rank spearman disimpulkan bahwa tidak ada hubungan
antara karakteristik pasien dengan tingkat kepuasan pasien (p>0.05), namun ada
hubungan antara lama waktu tunggu hasil pemeriksaan laboratorium dengan tingkat
kepuasan pasien (p<0.05). Untuk penelitian selanjutnya dapat meneliti faktor-faktor
yang mempengaruhi kepuasan pasien seperti aspek tarif pemeriksaan, kemudahan
layanan, kemudahan akses dan pengaruh lama waktu tunggu dengan kepuasan
pasien.
Kata kunci : karakteristik, lama waktu tunggu hasil, kepuasan pasien
ABSTRACT
The Relationship between Patient Characteristics and Waiting Time for Laboratory
Test Results with Patient Satisfaction Level at Zafa
Medika Clinic Laboratory Banjarbaru
Author : Hellentine Putri Astria
Adviser: Tini Elyn Herlina, Erfan Roebiakto
Clinical laboratories are healthcare facilities that provide clinical specimen examination
services to obtain information about individual health, primarily supporting efforts in
disease diagnosis, treatment, and health recovery. Testing stages in laboratories typically
involve three main phases: pre-analytical, analytical, and post-analytical, contributing
approximately 60-70%. Errors in these stages impact patient satisfaction. Patient
satisfaction evaluates healthcare service capabilities in meeting patient expectations.
Factors influencing patient satisfaction include individual characteristics (age, gender,
education, ethnicity, employment status, income, language) and waiting time for test
results. This research aims to explore the relationship between patient characteristics and
waiting time for test results with patient satisfaction levels at Zafa Medika Banjarbaru
Clinical Laboratory from January to March 2024. This study utilized an analytic survey
method with a Cross-Sectional design. The population and sample consisted of 41
respondents. The findings indicate that the majority of healthcare service users were
female (61%), aged 46-55 years (24%), highly educated (68%), employed in the private
sector (36%), and had an income >Rp 3,150,000 (73%), with a waiting time for
laboratory test results < 140 minutes (65%). The Spearman rank correlation test
concluded that there was no significant relationship between patient characteristics and
patient satisfaction (p>0.05), but there was a significant relationship between waiting time
for laboratory test results and patient satisfaction (p<0.05). Future research could explore
factors influencing patient satisfaction such as examination fee aspects, service
convenience, ease of access, and the impact of waiting time on patient satisfaction.
Keywords: characteristics, waiting time for test results, patient satisfaction.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Hellentine Putri Astria - Personal Name
Tini Elyn Herlina - Personal Name Erfan Roebiakto, S.KM.,MS - Personal Name |
Student ID | |
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi | |
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Jurusan Analis Kesehatan : Banjarbaru., 2024 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
SKP TLM 013R/ 2024
|
Copyright | |
Doi |