GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI POLI GIGI PUSKESMAS SUNGAI ULIN KOTA BANJARBARU

Detail Cantuman

CD-ROM

GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI POLI GIGI PUSKESMAS SUNGAI ULIN KOTA BANJARBARU

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI KESEHATAN GIGI
PROGRAM DIPLOMA TIGA
KESEHATAN GIGI
TAHUN 2024

ABSTRAK
Karya Tulis Ilmiah
ISMY NURRAHMAH
GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI POLI GIGI PUSKESMAS SUNGAI ULIN KOTA BANJARBARU
Pembimbing (I): drg. Naning K. Utami, M.Kes, Pembimbing (II): Bunga Nurwati S.kp.G., M.Kes
xiii + 41 halaman; 12 tabel; 2 gambar;7 lampiran

Kepuasan pasien merupakan penilaian terhadap baik atau buruknya kualitas pelayanan kesehatan yang diterima oleh pasien. Pasien akan merasa puas apabila kinerja pelayanan kesehatan yang diperoleh sama atau melebihi harapannya. Tingkat kepuasan pasien sangat penting dan berhubungan erat dengan tingkat kunjungan kembali pasien sehingga hal ini dapat digunakan sebagai indikator terhadap kualitas pelayanan kesehatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut di Poli Gigi Puskesmas Sungai Ulin Kota Banjarbaru. Jenis penelitian adalah deskriptif menggunakan data primer yang dapat dilihat langsung oleh peneliti. Populasi penelitian ini adalah 72 orang dengan metode purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari dimensi kehandalan (reliability) rata-rata 3, 43 (85, 75%), dimensi ketanggapan (responsiveness) rata-rata 3, 29 (82, 5%) dimensi jaminan (assurance) rata-rata 3, 44 (86%), dimensi empati rata-rata 3, 50 (87, 5%), dimensi berwujud rata-rata 3, 40 (85%). Kelima dimensi tersebut berada pada kategori puas.
Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan dari data hasil penelitian tentang Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut di Poli Gigi Puskesmas Sungai Ulin Kota Banjarbaru jumlah jawaban responden termasuk dalam kategori puas. Saran, diharapkan Puskesmas Sungai Ulin dapat mempertahankan atau bahkan bisa meningkatkan lagi jenis pelayanannya dari berbagai dimensi.

Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut
Kepustakaan : 32 (2011- 2023).
MINISTRY OF HEALTH OF THEREPUBLIC OF INDONESIA
BANJARMASIN HEALTH POLYTECHNIC
DENTAL HELTH STUDY PROGRAM
THREE-YEAR DIPLOMA PROGRAM
DENTAL HEALTH
YEAR 2024
ABSTRACT
SCIENTIFIC PAPERS

ISMY NURRAHMAH
OVERVIEW OF PATIENT SATISFACTION TOWARDS DENTAL AND ORAL HEALTH SERVICES AT THE DENTAL POLYCLINIC OF SUNGAI ULIN COMMUNITY HEALTH CENTER, BANJARBARU CITY
Supervisor (I): drg. Naning K. Utami, M.Kes, Supervisor (II): Bunga Nurwati S.kp.G., M.Kes
xiii + 41 pages; 12 tables; 2 images;7 attachments

Patient satisfaction is an assessment of the quality of health services received by patients. Patients will feel satisfied if the performance of the health services obtained is the same as or exceeds their expectations. The level of patient satisfaction is very important and is closely related to the level of patient return visits so that this can be used as an indicator of the quality of health services.
This study aims to determine the Description of Patient Satisfaction with Dental and Oral Health Services at the Dental Polyclinic of Sungai Ulin Health Center, Banjarbaru City. The type of research is descriptive using primary data that can be seen directly by researchers. The population of this study was 72 people with a purposive sampling method.
The results of the study showed that from the reliability dimension the average was 3.43 (85.75%), the responsiveness dimension the average was 3.29 (82.5%), the assurance dimension the average was 3.44 (86%), the empathy dimension the average was 3.50 (87.5%), the tangible dimension the average was 3.40 (85%). The five dimensions are in the satisfied category.
The conclusion of this study is based on the data from the research results on the Description of Patient Satisfaction with Dental and Oral Health Services at the Dental Polyclinic of Sungai Ulin Health Center, Banjarbaru City, the number of respondents' answers is included in the satisfied category. Suggestions, it is hoped that Sungai Ulin Health Center can maintain or even improve its types of services from various dimensions.

Keywords: Patient Satisfaction, Dental and Oral Health Services
Bibliography: 32 (2011-2023)


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit KEPERAWATAN Gigi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KES.GIGI/016-KTI/2024
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail