PENGARUH METODE DRILL TERHADAP KEBIASAAN MENYIKAT GIGI SERTA KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK PENYANDANG TUNAGRAHITA DI SLB-C NEGERI PEMBINA

Detail Cantuman

CD-ROM

PENGARUH METODE DRILL TERHADAP KEBIASAAN MENYIKAT GIGI SERTA KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK PENYANDANG TUNAGRAHITA DI SLB-C NEGERI PEMBINA

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI TERAPI GIGI
PROGRAM SARJANA TERAPAN
KESEHATAN GIGI
2024
ABSTRAK
Skripsi
ROHYA AMANATUL AKHAIRINI
PENGARUH METODE DRILL TERHADAP KEBIASAAN MENYIKAT
GIGI SERTA KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK
PENYANDANG TUNAGRAHITA DI SLB-C NEGERI PEMBINA,
Pembimbing (I): Dr. Waljuni Astu Rahman, SKM., M.Pd., Pembimbing (II):
Isnawati, S.ST., M.Kes
xv + 67 halaman; 16 tabel; 5 gambar; 15 lampiran
Tunagrahita merupakan individu dengan hambatan perkembangan mental
dengan kecerdasan di bawah normal disertai dengan ketidakmampuan dalam
adaptasi perilaku yang muncul sebelum usia 18 tahun. Ketidakmampuan adaptasi
perilaku yang dialami salah satunya adalah menyikat gigi. Metode drill cara
menyikat gigi dapat menjadi cara efektif untuk membimbing anak menjaga
kebersihan gigi dan mulutnya serta menambah kebiasaan dalam menyikat gigi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode drill terhadap
kebiasaan menyikat gigi serta kebersihan gigi dan mulut pada anak penyandang
tunagrahita di SLB-C Negeri Pembina. Jenis penelitian ini adalah experimen semu
(quasi experimental) dengan rancangan one group pretest-posttest. Teknik
pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan purposive sampling.
Analisis data uji statistik menggunakan uji Paired Sample T-Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kebiasaan menyikat gigi
sebelum dilakukan metode drill adalah 6,10 dan rata-rata kebiasaan menyikat gigi
sesudah dilakukan metode drill adalah 8,30. Rata-rata kebersihan gigi dan mulut
sebelum dilakukan metode drill adalah 2,4670 sedangkan rata-rata kebersihan gigi
dan mulut sesudah dilakukan metode drill adalah 1,8475. Berdasarkan hasil uji
statistik menggunakan Paired Sample T-Test, didapatkan p = 0,000 dengan α =
0,05 atau (p = 0,000 < α 0,05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Kesimpulan penelitian ini yaitu ada pengaruh metode drill terhadap
kebiasaan menyikat gigi serta kebersihan gigi dan mulut pada anak penyandang
tunagrahita di SLB-C Negeri Pembina. Disarankan agar anak mempertahankan
kebiasaan menyikat gigi yang baik serta kebersihan gigi dan mulut. Serta bagi
orang tua diharapkan selalu mengarahkan dan membimbing anaknya dalam bina
diri khususnya dalam hal menyikat gigi serta kebersihan gigi dan mulut anak.
Kata kunci : Metode Drill, Kebiasaan Menyikat Gigi, Kebersihan Gigi dan Mulut
Kepustakaan : 44 (2012-2022)
ix
KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI TERAPI GIGI
PROGRAM SARJANA TERAPAN
KESEHATAN GIGI
2024
ABSTRACT
Skripsi
ROHYA AMANATUL AKHAIRINI
THE EFFECT OF THE DRILL METHOD ON TEETH BRUSHING HABITS
AND DENTAL AND ORAL HYGIENE IN CHILDREN WITH GRAPHIC
IMPROVEMENTS IN SLB-C NEGERI PEMBINA,
Mentor (I): Dr. Waljuni Astu Rahman, SKM., M.Pd., Mentor (II): Isnawati,
S.ST., M.Kes
xv + 67 pages; 16 table; 5 pictures; 15 attachment
Individuals with intellectual disabilities are those with mental
developmental impairments with below-normal intelligence accompanied by an
inability to adapt behavior that arises before the age of 18. One of the behavior
adaptation disabilities experienced is tooth brushing. The drill method of tooth
brushing can be an effective way to guide children in maintaining dental and oral
hygiene as well as developing the habit of tooth brushing.
This study aims to determine the effect of the drill method teeth brushing
habits and dental and oral hygiene in children with graphic improvements in SLBC Negeri Pembina. This research is a quasi-experimental study with a one-group
pretest-posttest design. The sampling technique used in this research is purposive
sampling. Statistical data analysis using the Paired Sample T-Test.
The results of the research indicate that the average teeth brushing habit
score before the drill method was 6.10, while the average score after the drill
method was 8.30. The average dental and oral hygiene score before the drill
method was 2.4670, whereas the average score after the drill method was 1.8475.
Based on the statistical analysis using the Paired Sample T-Test, the obtained pvalue is 0.000 with α = 0.05, or (p = 0.000 < α 0.05), thus rejecting Ho and
accepting Ha.
In conclusion, there is an the effect of the drill method teeth brushing
habits and dental and oral hygiene in children with graphic improvements in SLBC Negeri Pembina. It is recommended that children maintain good tooth brushing
habits and oral hygiene. And parents are expected to always direct and guide
their children in self-development, especially in terms of brushing their teeth and
cleanliness of their children's teeth and mouth.
Keywords : Drill Method, Teeth Brushing Habits, Dental and Oral Hygiene
References : 44 (2012-2020)


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit KEPERAWATAN Gigi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KG050/SKP/2024
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail