Hubungan Hygiene Sanitasi Dengan Keberadaan Escherichia coli Pada Air Minum Produk Depot Air Minum Isi Ulang Di Wilayah Kerja Puskesmas Marabahan

Detail Cantuman

Hubungan Hygiene Sanitasi Dengan Keberadaan Escherichia coli Pada Air Minum Produk Depot Air Minum Isi Ulang Di Wilayah Kerja Puskesmas Marabahan

XML

ABSTRAK
SKRIPSI
HILIYATUS ZAHRO
“HUBUNGAN HYGIENE SANITASI DENGAN KEBERADAAN ESCHERICHIA COLI PADA AIR MINUM PRODUK DEPOT AIR MINUM ISI ULANG DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MARABAHAN”
(Rahmawati, S.KM, M.Kes dan Noraida, S.KM, M.Kes)
xiv + Halaman 67 + Tabel 13 + Gambar 3 + Lampiran 18

Secara nasional menunjukan sumber air minum yang paling banyak di gunakan masyarakat Indonesia untuk minum adalah air kemasan bermerek/air isi ulang. Faktor risiko terkontaminasi bakteri E.coli dapat terjadi pada proses pengolahan air minum, karena pada proses tersebut terdapat kontak langsung manusia dengan air. Tujuan penelitian ini menganalisis hubungan hygiene sanitasi dengan keberadaan Escherichia Coli pada air minum produk Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) di wilayah kerja Puskesmas Marabahan.
Jenis penelitian adalah kuantitatif observasional dengan menggunakan metode pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian adalah seluruh DAMIU yang ada di wilayah kerja Puskesmas Marabahan, jumlah sampel yang diambil ada 15 DAMIU. Teknik pengumpulan data adalah observasi hygiene sanitasi DAMIU dan pemeriksaan sampel di laboratorium.
Hasil uji statistik menggunakan uji Spearman rho menunjukan dari 4 variabel hygiene sanitasi DAMIU ada 3 variabel yang ada hubungan dengan keberadaan E.coli pada air minum produk DAMIU yaitu hygiene sanitasi operator, hygiene sanitasi peralatan dan hygiene sanitasi DAMIU, sedangkan variabel yang tidak ada hubungan yaitu hygiene sanitasi tempat DAMIU.
Disarankan untuk pemilik/pengelola DAMIU lebih memperhatikan hygiene sanitasi tempat,operator dan peralatan DAMIU agar meminimalisir terjadinya kontaminasi pada produk air minum yang dihasilkan.


Kata kunci : Hygiene Sanitasi, E.coli, DAMIU
Kepustakaan : 26 (2005 – 2024 )


Detail Information

Item Type
Penulis
Hiliyatus Zahro - Personal Name
Rahmawati, S.KM, M.Kes - Personal Name
Noraida,S.KM, M.Kes - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KL.026/SKP/2024
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail