Hubungan Paparan Kebisingan Jalan Dengan Tekanan Darah Juru Parkir Di Siring Piere Tendean Kota Banjarmasin

Detail Cantuman

CD-ROM

Hubungan Paparan Kebisingan Jalan Dengan Tekanan Darah Juru Parkir Di Siring Piere Tendean Kota Banjarmasin

XML

SKRIPSI
NOR MALIA AZIZAH
” HUBUNGAN PAPARAN KEBISINGAN JALAN DENGAN TEKANAN DARAH JURU PARKIR DI SIRING PIERE TENDEAN KOTA BANJARMASIN”
(Dr. Junaidi, S.KM, M.S dan Arifin, S.KM,M.Kes)
XV+64 Halaman, 15 Tabel, 7 Gambar, 9 Lampiran

Kebisingan merupakan bunyi atau suara yang tidak diinginkan sehingga dapat menyebabkan gangguan kepada siapa saja yang bekerja di lingkungan tersebut. Beberapa yang mempengaruhi kemungkinan timbulnya gangguan terhadap Kesehatan, yaitu intensitas kebisingan, frekuensi kebisingan, dan lamanya paparan yang diterima di tempat bising, baik dari hari ke hari maupun seumur hidupnya. Juru parkir yang terpapar kebisingan mengalami peningkatan tekanan darah disebabkan karena terdapat berbagai mekanisme bahwa kebisingan dapat meningkatkan stress yang menyebakan peningkatan tekanan darah melalui aktifitas saraf simpatis. Juru parkir di jalan bekerja di lingkungan jalan yang bising mungkin terkena kebisingan yang dapat mempengaruhi tekanan darah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara kebisingan jalan dengan tekanan darah terhadap seorang juru parkir jalanan di Siring Piere Tendean Kota Banjarmasin.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah analitik dan observasional dengan pendekatan cross-sectional, yaitu studi epidemiologi yang menyelidiki prevalensi dan hubungan antara paparan dan penyakit.
Adanya hubungan yang signifikan antara intensitas kebisingan dengan tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik dengan nilai 0,038 dan 0,025 atau kurang dari nilai α=5% dengan kekuatan hubungan lemah.
Diharapkan para juru parkir Siring Pierre Tendean Kota Banjarmasin dapat memulai menerapkan pola hidup sehat dengan kurangi penggunaan rokok, kurangi konsumsi kopi, kurangi makanan asin, dan melakukan olahraga.
Kata kunci : kebisingan, juru parkir, tekanan darah
Kepustakaan : 31 (2010-2023)


Detail Information

Item Type
Penulis
Nor Malia Azizah - Personal Name
Dr. JUNAIDI, S.KM.MS - Personal Name
ARIFIN, S.KM.M.Kes - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KL.059/SKP/2024
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail