HUBUNGAN INTENSITAS PENCAHAYAAN DENGAN KELELAHAN MATA PADA PENJAHIT PAKAIAN DI PASAR BATUAH MARTAPURA TAHUN 2024

Detail Cantuman

CD-ROM

HUBUNGAN INTENSITAS PENCAHAYAAN DENGAN KELELAHAN MATA PADA PENJAHIT PAKAIAN DI PASAR BATUAH MARTAPURA TAHUN 2024

XML

Penjahit adalah orang yang kerjanya menjahit pakaian seperti kemeja, celana, rok ataupun tas, baik laki-laki maupun perempuan. menjahit merupakan pekerjaan yang menguras energi dengan tingkat ketelitian dan konsentrasi yang tinggi dan dapat berpotensi mengakibatkan kecelakaan kerja yang disebabkan oleh kelelahan mata.
Kelelahan mata adalah gangguan yang dialami oleh mata yang disebabkan karena otot mata dipaksa untuk bekerja secara berlebihan terutama untuk mengamati objek dalam jarak dekat dalam jangka waktu yang lama. Kelelahan mata dalam bekerja dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya oleh umur pekerja, lama bekerja, masa bekerja dan intensitas cahaya ditempat kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Intensitas Pencahayaan dengan Kelelahan Mata pada Penjahit Pakaian di Pasar Batuah Martapura.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional, dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang responden pada, serta teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian dilakukan Penelitian ini dilaksanakan pada ruangan sentral penjahit pakaian di Pasar Batuah Martapura yang berada di Jl. A Yani No.57, Kec. Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan 70614 pada bulan Januari sampai bulan Mei 2024.
Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis univariat dan analisis bivariat. Hasil penelitian ini adalah memperoleh nilai p sebesar 0.977 (>0,05) Ho diterima, dapat disimpulkan jika tidak ada hubungan yang signifikan intensitas pencahayaan dengan kelelahan mata pada penjahit pakaian di Pasar Batuah Martapura.


Detail Information

Item Type
Penulis
Isra Abdan Syakurra - Personal Name
ARIFIN, S.KM.M.Kes - Personal Name
Dr. H. Juanda, S.KM/M/Kes - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KL.028/SKP/2024
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail