Sanitasi Kolam Renang Tirta Kencana Di Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut

Detail Cantuman

CD-ROM

Sanitasi Kolam Renang Tirta Kencana Di Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut

XML

ABSTRAK
KARYA TULIS ILMIAH

ANITA NOORHALIZA
SANITASI KOLAM RENANG TIRTA KENCANA DI KECAMATAN PELAIHARI KABUPATEN TANAH LAUT
(H. Imam Santoso, S.KM, M.Kes dan Dr. Tien Zubaidah, S.KM, M.KL)
xv + 91 halaman; 46 tabel; 3 gambar; 12 lampiran
Kolam Renang Tirta Kencana sering digunakan sebagai tempat sport, program pembinaan atlet renang, dan sarana pembelajaran sehingga Kolam Renang Tirta Kencana sering dikunjungi oleh para atlet dan siswa/i dari tingkat SD hingga SMA di daerah Kecamatan Pelaihari. Kebersihan lingkungan kolam renang penting untuk diperhatikan karena berkaitan dengan aspek kesehatan khususnya faktor penularan penyakit di lingkungan kolam renang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sanitasi kolam renang Tirta Kencana di Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut yang meliputi bagian kesehatan lingkungan dan bangunan, kesehatan kamar dan ruang, kesehatan fasilitas sanitasi, pengelolaan sampah, status kesehatan karyawan, dan kualitas air kolam renang.
Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan pengambilan sampel parameter fisik, kimia, dan biologi air, kemudian dianalisis secara deskriptif yang berpedoman pada PERMENKES No.061/Menkes/Per/I/1991 dan Permenkes No.2 Tahun 2023.
Hasil skor inspeksi menunjukkan sanitasi kolam renang keseluruhan 42,6 persen yang artinya tidak memenuhi syarat, variabel persyaratan kesehatan lingkugan dan bangunan, kesehatan kamar dan ruang, kesehatan fasilitas sanitasi, dan kualitas fisik air memenuhi syarat, namun untuk pengelolaan sampah, karyawan, kualitas kimia, dan kualitas biologi air tidak memenuhi syarat.
Diharapkan Kolam Renang Tirta Kencana meningkatkan pengawasan kebersihan lingkungan dan bangunan serta pemantauan kualitas air agar tidak terjadi kontaminasi yang dapat menyebabkan penyakit bagi perenang.

Kata kunci : Sanitasi, Kolam Renang
Kepustakaan : 25 (1991-2023)


Detail Information

Item Type
Penulis
Anita Noorhaliza - Personal Name
Imam Santoso, S.KM, M.Kes - Personal Name
Dr. Tien Zubaidah S.KM, M.KL - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit KESEHATAN LINGKUNGAN : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
001.4 ANI s
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail