Efektivitas Serbuk Kacang Nagara (Vigna unguiculata subs. cylindrica) sebagai Koagulan Alami dalam Menurunkan Tingkat Kekeruhan pada Air Sungai

Detail Cantuman

CD-ROM

Efektivitas Serbuk Kacang Nagara (Vigna unguiculata subs. cylindrica) sebagai Koagulan Alami dalam Menurunkan Tingkat Kekeruhan pada Air Sungai

XML

Air sungai merupakan salah satu sumber kebutuhan air bersih bagi masyarakat. Salah satu pengolahan untuk air yang memiliki kecenderungan tingkat kekeruhannya tinggi yang biasa dilakukan masyarakat yaitu koagulasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dosis optimal dari serbuk kacang nagara (Vigna unguiculata subs. cylindrica) sebagai koagulan alami.
Jenis penelitian ini true experimental dengan desain posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh air sungai yang ada di Sungai Martapura, sampelnya adalah air sungai yang memiliki tingkat kekeruhan diatas baku mutu air bersih. Analisi data menggunakan uji two way anova.
Presentase penurunan tertinggi dari setiap perlakuan yaitu pada masing masing dosis dan pada variasi waktu kontak 60 menit yaitu dosis 0 mg/L 25%, dosis 400 mg/L 40%, dosis 600 mg/L 54% dan dosis 800 mg/L 26%. Hasil uji two way anova menunjukkan nilai sig = 0,000 < α (0,05). Hasil uji tukey HSD menunjukkan hanya pada variabel dosis antara 0 mg/L dengan 400 mg/L tidak memiliki perbedaan.
Terdapat perbedaan tingkat kekeruhan dari semua air sungai yang diolah pada masing masing variasi dosis dan variasi waktu kontak. Variasi dosis dan variasi waktu kontak yang paling efektif menurunkan tingkat kekeruhan air sungai yaitu dosis 600 mg/L dan waktu kontak 60 menit.


Detail Information

Item Type
Penulis
Muhammad Hilman Zain - Personal Name
Dr. Abdul Khair, S.KM, M.Si - Personal Name
Abdul Haris, S.KM, M.T - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KL.045/SKP/2024
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail