ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN STROKE YANG TERPASANG KATETER DENGAN IMPLEMENTASI BLADDER TRAINING DI RSUD RATU ZALECHA MARTAPURA

Detail Cantuman

CD-ROM

ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN STROKE YANG TERPASANG KATETER DENGAN IMPLEMENTASI BLADDER TRAINING DI RSUD RATU ZALECHA MARTAPURA

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI DIPLOMA III
TAHUN 2024
ABSTRAK
Laporan Tugas Akhir
SUCI RAHAYU
ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN STROKE YANG TERPASANG KATETER DENGAN IMPLEMENTASI BLADDER TRAINING DI RSUD RATU ZALECHA MARTAPURA
Marwansyah & Agus Rachmadi
xvii + 98 halaman ; 12 tabel ; gambar + 9 lampiran
Stroke merupakan gangguan fungsional otak yang terjadi secara mendadak dengan tanda klinis fokal dan global yang dapat menimbulkan defisit neurologis yang bersifat akut, diantaranya adalah gangguan eliminasi urine yang disebabkan karena neurogenic bladder dan hambatan mobilitas fisik diperlukanlah pemasangan kateter sehingga diperlukan juga bladder training untuk mengembalikan fungsi optimal dari tonus otot sfingter kandung kemih. Jika bladder training tidak dilakukan maka pasien beresiko mengalami inkontinensia urine ataupun retensi urine. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi asuhan keperawatan dan mengevaluasi implementasi bladder training berhubungan dengan gangguan eliminasi urine yang dialami pasien stroke.
Penelitian ini berupa asuhan keperawatan dengan subjek pasien stroke yang terpasang kateter di ruang syaraf (Ar-Raudah) RSUD Ratu Zalecha Martapura yang sudah bersedia dilakukannya asuhan keperawatan yang mencakup pengkajian, diagnosa, intervensi, implementasi, evaluasi dan dokumentasi. Metode pengumpulan data dengan wawancara, studi literatur, observasi, pemeriksaan fisik dan studi dokumentasi.
Implementasi bladder training dilakukan sebelum kateter dilepas dengan melepas dan mengklem kateter setiap 4 jam sekali dilakukan sebanyak 6x/hari, setelah dilakukan bladder training didapatkan peningkatan kemampuan otot kandung kemih untuk menampung urine dan adanya desakan berkemih pada pasien stroke. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan implementasi bladder training dapat menjadi standar asuhan keperawatan dalam pelaksanaan asuhan keperawatan pada pasien stroke.
Kata kunci : Stroke, bladder training
Kepustakaan : 2012-2023

MINISTRY OF HEALTH OF THE REPUBLIC OF INDONESIA
BANJARMASIN HEALTH POLYTECHNIC
DIPLOMA III STUDY PROGRAM
YEAR 2024
ABSTRACT
Final report
SUCI RAHAYU
NURSING CARE FOR STROKE PATIENTS WHO HAVE CATHETERS ATTACHED WITH THE IMPLEMENTATION OF BLADDER TRAINING AT RSUD RATU ZALECHA MARTAPURA
Marwansyah & Agus Rachmadi
xvii + 98 page ; 12 tables ; 3 picture + 9 attachments
Stroke is a functional brain disorder that occurs suddenly with focal and global clinical signs that can cause acute neurological deficits, including urine elimination disorders caused by neurogenic bladder and physical mobility barriers, catheter installation is needed so that bladder training is also needed to restore optimal function of bladder sphincter muscle tone. If bladder training is not performed, the patient is at risk of urinary incontinence or urinary retention. Therefore, the purpose of this study is to explore nursing care and evaluate the implementation of bladder training related to urine elimination disorders experienced by stroke patients.
This research is in the form of nursing care with the subject of stroke patients who have a catheter installed in the nerve room (Ar-Raudah) of Ratu Zalecha Martapura Hospital which is willing to do nursing care which includes study, diagnosis, intervention, implementation, evaluation and documentation. Data collection methods by interviews, literature studies, observations, physical examinations and documentation studies.
The implementation of bladder training is carried out before the catheter is removed by removing and clamping the catheter every 4 hours once every 6x / day, after bladder training is carried out there is an increase in the ability of the bladder muscles to hold urine and the urge to urinate in stroke patients. Based on the results of this study, it is hoped that the implementation of bladder training can become a standard for nursing care in the implementation of nursing care in stroke patients.
Keywords : Stroke, bladder training
Literature : 2012-2023


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Jurusan Keperawatan : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KEP/KTI-035/2024
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail