Hasil Pencarian

Menampilkan hasil untuk kata kunci "".

Pencarian Lanjutan

Pengaruh Video Animasi Terhadap Pengetahuan dan Kemampuan Psikomotor Siswa SMA Mengenai Bantuan Hidup Dasar

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI KEPERAWATAN
PROGRAM SARJANA TERAPAN
TAHUN 2024
ABSTRAK
Skripsi
(NURSYIFA)
PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN KEMAMPUAN PSIKOMOTOR SISWA SMA MENGENAI BANTUAN HIDUP DASAR (BHD)
(Marwansyah, Parellangi)
xvi + 85 halaman ; 10 tabel ; 8 gambar + 13 lampiran


Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan lebih dari setengah insiden henti jantung terjadi di luar rumah sakit dan terkait dengan pertolongan pertama yang tidak memadai. Pengetahuan yang kurang untuk melakukan Bantuan Hidup Dasar dapat diberikan edukasi dengan media video animasi, agar masyarakat awam dapat melakukan pertolongan pertama pada orang dengan henti jantung. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video animasi terhadap pengetahuan dan kemampuan psikomotor siswa SMA melakukan Bantuan Hidup Dasar.
Jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif, menggunakan pendekatan Pre-experimental : One Group Pretest-Postest Design yang didahului dengan pemberian edukasi BHD menggunakan media video animasi. Sampel berjumlah 23 orang. Analisis data menggunakan uji statistik Wilcoxon.
Setelah diberikan edukasi Bantuan Hidup Dasar dengan video animasi didapatkan hasil pengetahuan baik (78%) dan kemampuan psikomotor baik (70%). Hasil uji statistik wilcoxon menunjukkan pvalue (0.000). Video animasi berpengaruh terhadap pengetahuan dan kemampuan psikomotor siswa SMA melakukan Bantuan Hidup Dasar.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa edukasi Bantuan Hidup Dasar dengan video animasi efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan psikomotor siswa SMA. Diharapkan siswa dapat menerapkan edukasi yang sudah dipelajari dan sekolah SMAN 1 Martapura juga bisa melanjutkan edukasi Bantuan Hidup Dasar melalui kegiatan ekstrakulikuler PMR baik dalam hal materi atau praktek.

Kata kunci : Video animasi, pengetahuan, kemampuan psikomotor, Bantuan
Hidup Dasar
Kepustakaan : 50 (2006 – 2023)

MINISTRY OF HEALTH REPUBLIC OF INDONESIA
HEALTH POLYTECHNIC OF BANJARMASIN
NURSING STUDY PROGRAM
APPLIED UNDERGRADUATE PROGRAM
YEAR 2024

ABSTRACT
Thesis
(NURSYIFA)
THE EFFECT OF ANIMATED VIDEO ON THE KNOWLEDGE AND PSYCHOMOTOR SKILLS OF HIGH SCHOOL STUDENTS REGARDING BASIC LIFE SUPPORT (BLS)
(Marwansyah, Parellangi)
xvi + 85 pages ; 10 tables ; 8 images + 13 attachments

The World Health Organization (WHO) reports more than half of cardiac arrest incidents occur outside hospitals and are associated with inadequate first aid. Lack of knowledge to perform Basic Life Support can be given education with animated video media, so that ordinary people can perform first aid on people with cardiac arrest. This paper aims to determine the effect of animated videos on the knowledge and psychomotor abilities of high school students to perform Basic Life Support.
This type of research is included in quantitative research, using a Pre-experimental approach: One Group Pretest-Postest Design which was preceded by providing BHD education using animated video media. The sample amounted to 23 people. Data analysis using the Wilcoxon statistical test.
After being given Basic Life Support education with animated videos, the results obtained good knowledge (78%) and good psychomotor abilities (70%). Wilcoxon statistical test results show pvalue (0.000). Animated videos have an effect on the knowledge and psychomotor abilities of high school students to perform Basic Life Support.
The conclusion of this study is that Basic Life Support education with animated videos is effective to improve the knowledge and psychomotor skills of high school students. It is expected that students can apply the education that has been learned and SMAN 1 Martapura school can also continue Basic Life Support education through PMR extracurricular activities both in terms of material or practice.

Keywords: Video animation, knowledge, psychomotor skills, Basic Life Support
Literature: 50 (2006 - 2023)


Detail Informasi

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Nursyifa - Pengarang
H. Marwansyah, S.Kep, Ns, M.Kep - Dosen Pembimbing 1
Dr. Parellangi, S.Kep., Ners., M.Kep., M.H - Dosen Pembimbing 2
Erna Fauziah, S.Kep., Ns., M.Kep - Ketua Penguji
Hammad, S.Kep, Ns, M. Kep - Penguji 1
Edisi
No. Panggil KEP/SKP-031/2024
Subyek
Klasifikasi KEP/SKP-031/2024
Judul Seri
GMD CD-ROM
Bahasa Indonesia
Penerbit Jurusan Keperawatan
Tahun Terbit 2024
Tempat Terbit Banjarbaru
Deskripsi Fisik xvi, 85 hl,10 tb, 8 gb, 13 lmp
Info Detil Spesifik

Ketersediaan

LOADING LIST...

File Terlampir

LOADING LIST...

Citation

Untuk melihat format sitasi (APA, MLA, dll.) untuk koleksi ini, silakan klik tombol di bawah:

Lihat Sitasi