Pengaruh Video Animasi Terhadap Pengetahuan dan Kemampuan Psikomotor Siswa SMA Mengenai Bantuan Hidup Dasar

Detail Cantuman

CD-ROM

Pengaruh Video Animasi Terhadap Pengetahuan dan Kemampuan Psikomotor Siswa SMA Mengenai Bantuan Hidup Dasar

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI KEPERAWATAN
PROGRAM SARJANA TERAPAN
TAHUN 2024
ABSTRAK
Skripsi
(NURSYIFA)
PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN KEMAMPUAN PSIKOMOTOR SISWA SMA MENGENAI BANTUAN HIDUP DASAR (BHD)
(Marwansyah, Parellangi)
xvi + 85 halaman ; 10 tabel ; 8 gambar + 13 lampiran


Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan lebih dari setengah insiden henti jantung terjadi di luar rumah sakit dan terkait dengan pertolongan pertama yang tidak memadai. Pengetahuan yang kurang untuk melakukan Bantuan Hidup Dasar dapat diberikan edukasi dengan media video animasi, agar masyarakat awam dapat melakukan pertolongan pertama pada orang dengan henti jantung. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video animasi terhadap pengetahuan dan kemampuan psikomotor siswa SMA melakukan Bantuan Hidup Dasar.
Jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif, menggunakan pendekatan Pre-experimental : One Group Pretest-Postest Design yang didahului dengan pemberian edukasi BHD menggunakan media video animasi. Sampel berjumlah 23 orang. Analisis data menggunakan uji statistik Wilcoxon.
Setelah diberikan edukasi Bantuan Hidup Dasar dengan video animasi didapatkan hasil pengetahuan baik (78%) dan kemampuan psikomotor baik (70%). Hasil uji statistik wilcoxon menunjukkan pvalue (0.000). Video animasi berpengaruh terhadap pengetahuan dan kemampuan psikomotor siswa SMA melakukan Bantuan Hidup Dasar.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa edukasi Bantuan Hidup Dasar dengan video animasi efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan psikomotor siswa SMA. Diharapkan siswa dapat menerapkan edukasi yang sudah dipelajari dan sekolah SMAN 1 Martapura juga bisa melanjutkan edukasi Bantuan Hidup Dasar melalui kegiatan ekstrakulikuler PMR baik dalam hal materi atau praktek.

Kata kunci : Video animasi, pengetahuan, kemampuan psikomotor, Bantuan
Hidup Dasar
Kepustakaan : 50 (2006 – 2023)

MINISTRY OF HEALTH REPUBLIC OF INDONESIA
HEALTH POLYTECHNIC OF BANJARMASIN
NURSING STUDY PROGRAM
APPLIED UNDERGRADUATE PROGRAM
YEAR 2024

ABSTRACT
Thesis
(NURSYIFA)
THE EFFECT OF ANIMATED VIDEO ON THE KNOWLEDGE AND PSYCHOMOTOR SKILLS OF HIGH SCHOOL STUDENTS REGARDING BASIC LIFE SUPPORT (BLS)
(Marwansyah, Parellangi)
xvi + 85 pages ; 10 tables ; 8 images + 13 attachments

The World Health Organization (WHO) reports more than half of cardiac arrest incidents occur outside hospitals and are associated with inadequate first aid. Lack of knowledge to perform Basic Life Support can be given education with animated video media, so that ordinary people can perform first aid on people with cardiac arrest. This paper aims to determine the effect of animated videos on the knowledge and psychomotor abilities of high school students to perform Basic Life Support.
This type of research is included in quantitative research, using a Pre-experimental approach: One Group Pretest-Postest Design which was preceded by providing BHD education using animated video media. The sample amounted to 23 people. Data analysis using the Wilcoxon statistical test.
After being given Basic Life Support education with animated videos, the results obtained good knowledge (78%) and good psychomotor abilities (70%). Wilcoxon statistical test results show pvalue (0.000). Animated videos have an effect on the knowledge and psychomotor abilities of high school students to perform Basic Life Support.
The conclusion of this study is that Basic Life Support education with animated videos is effective to improve the knowledge and psychomotor skills of high school students. It is expected that students can apply the education that has been learned and SMAN 1 Martapura school can also continue Basic Life Support education through PMR extracurricular activities both in terms of material or practice.

Keywords: Video animation, knowledge, psychomotor skills, Basic Life Support
Literature: 50 (2006 - 2023)


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Jurusan Keperawatan : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KEP/SKP-031/2024
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail