Pengaruh Edukasi Berbasis Aplikasi Mobile terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Pertolongan Pertama Kecelakaan Lalu Lintas pada Remaja di SMAN 1 Martapura Kabupaten Banjar

Detail Cantuman

CD-ROM

Pengaruh Edukasi Berbasis Aplikasi Mobile terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Pertolongan Pertama Kecelakaan Lalu Lintas pada Remaja di SMAN 1 Martapura Kabupaten Banjar

XML

Pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) adalah keterampilan penting yang dapat menyelamatkan nyawa, namun pengetahuan dan keterampilan remaja tentang P3K sering kali masih rendah. Dengan kemajuan teknologi, aplikasi mobile menjadi sarana edukasi yang potensial untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan remaja dalam P3K Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi berbasis aplikasi mobile terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan remaja dalam memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan.
Penelitian ini menggunakan metode pra-exsperimental, dengan one-group pretest – posttest design without control. Sampel penelitian ini sebanyak 30 siswa dipilih dengan menggunakan proportional random sampling. Pengukuran pengetahuan dan keterampilan remaja diukur sebelum dan sesudah intervensi menggunakan kuesioner dan lembar observasi Analisa data pada penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon
Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan secara signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K)
dengan p-value = 0,000, hal ini menunjukan bahwa penggunaan aplikasi mobile, efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa tentang pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K).Edukasi berbasis aplikasi mobile terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan remaja mengenai P3K. Aplikasi mobile dapat menjadi sarana yang efisien dan mudah diakses untuk menyebarluaskan informasi penting tentang P3K kepada remaja.



First aid was an essential skill that could save lives, but teenagers' knowledge and skills about first aid were often still low. With the advancement of technology, mobile applications became a potential educational tool to enhance teenagers' understanding and skills in first aid. This study aimed to determine the effect of mobile application-based education on improving teenagers' knowledge and skills
in providing first aid.This study used a pre-experimental method with a one-group pretestposttest design without control. The sample consisted of 30 students selected using proportional random sampling. Teenagers' knowledge and skills were measured before and after the intervention using questionnaires and observation sheets. Data analysis in this study employed the Wilcoxon test.The results of the study showed a significant increase in knowledge and skills in first aid with a p-value of 0.000. This indicated that the use of mobile applications was effective in improving students' knowledge and skills in first aid.Mobile application-based education was proven effective in improving teenagers' knowledge and skills regarding first aid. Mobile applications served as efficient and easily accessible means to disseminate important information about to teenagers.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Jurusan Keperawatan : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KEP/SKP/022/2024
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail