CD-ROM
PERBEDAAN PENYULUHAN METODE BERCERITA WAYANG KARTUN DAN PERMAINAN MOLEGI TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA SISWA KELAS IIIA DAN IIIB MI MIFTAHUL KHAIRIYAH CEMPAKA
XMLPERBEDAAN PENYULUHAN METODE BERCERITA
WAYANG KARTUN DAN PERMAINAN MOLEGI
TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN
GIGI DAN MULUT
PADA SISWA KELAS IIIA DAN IIIB MI MIFTAHUL
KHAIRIYAH CEMPAKA
Skripsi guna memenuhi sebagian syarat untuk memperoleh
gelar Sarjana Terapan Kesehatan
Disusun Oleh:
Rahmi Jannati
NIM. P07125218110
KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI TERAPI GIGI
PROGRAM SARJANA TERAPAN
TAHUN 2022@2022
Hak Cipta ada pada Penulis
iiRIWAYAT HIDUP
Nama : Rahmi Jannati
Tempat/tanggal lahir : Tabalong, 31 Mei 2000
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Alamat : Desa Banua lawas Rt. 03 Kec. Banua Lawas,
Kab. Tabalong
Nama Orang Tua
: Ayah : Murjani
: Ibu : Marwati
Status Dalam Keluarga : Anak Kedua dari Tiga bersaudara
Riwayat Pendidikan : 1. TK Pertiwi Empat Lulus tahun 2006
2. SDN Pasar Arba Luus Tahun 2012
3. MTsN Sungai Durian Lulus tahun 2015
4. MAN 2 Tabalong Lulus tahun 2018
5. Terdaftar sebagai mahasiswi Politeknik
Kesehatan Banjarmasin Program Studi Terapi
Gigi
Program
Sarjana
Terapan
Jurusan
Keperawatan Gigi tahun 2018 sampai 2022.
vKATA PENGANTAR
Puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas segala kemudahan dan petunjuk
serta rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi yang berjudul
“Perbedaan Penyuluhan Metode Bercerita Wayang Kartun dan Media
Permainan MOLEGI Terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut
Pada Siswa Kelas IIIA dan IIIB MI Miftahul Khairiyah Cempaka”.
Skripsi ini disusun sebagai salah satu syarat memperoleh gelar Sarjana
Terapan Kesehatan pada Jurusan Keperawatan Gigi Politeknik Kesehatan
Banjarmasin.
Oleh karena itu, dengan penuh hormat dan tulus hati, penulis
mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1.
Ibu Hj. Ida Rahmawati, SKM, M.PH selaku Ketua Jurusan Keperawatan Gigi
Politeknik Kesehatan Banjarmasin dan sekaligus sebagai dosen pembimbing
I Skripsi yang telah banyak memberikan bimbingan, bantuan dan masukan
sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan Skripsi ini.
2.
Bapak H. Fahmi Said, S.Si.T.,M.Pd selaku Ketua Prodi Sarjana Terapan
Terapi Gigi Politeknik Kesehatan Banjarmasin
3.
Ibu drg. Metty Amperawati, M.Kes selaku pembimbing II yang telah banyak
memberikan bimbingan, bantuan dan masukan sehingga penulis dapat
menyelesaikan penulisan Skripsi ini.
4. Ibu Siti Sab’atul Habibah, SKM. M.Kes sebagai penguji Skripsi.
5. Seluruh Dosen dan Staf Tata Usaha Jurusan Keperawatan Gigi Politeknik
Kesehatan Banjarmasin yang telah banyak memberikan bantuannya.
vi6.
Bapak Wiyono, S.IP, selaku staf perpustakaan Jurusan Keperawatan gigi
Politeknik Kesehatan Banjarmasin.
7.
Kepala Sekolah MI Miftahul Khairiyah Cempaka beserta staf yang telah
memberikan izin sebagai tempat penelitian Skripsi ini.
8.
Kedua orang tua, saudara, dan seluruh anggota keluarga yang selalu
memberikan doa, semangat, dukungan dan perhatian sehingga penulis dapat
menyelesaikan Skripsi ini.
9.
Teman-teman, sahabat dan seluruh rekan-rekan satu angkatan baik kaka
tingkat dan adik tingkat Jurusan Keperawatan Gigi yang tidak dapat
disebutkan satu persatu yang telah turut memberikan dukungan, masukan,
dan semangat dalam penyusunan Skripsi ini.
Penulis sangat menyadari Skripsi ini masih banyak kekurangannya
dan masih jauh dari kata sempurna. Karena itu, penulis mengharapkan kritik
dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan Skripsi ini. Agar
Skripsi ini bermanfaat bagi kita semua.
Banjarbaru, Mei 2022
Penulis
viiKEMENTERIAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI TERAPI GIGI
PROGRAM SARJANA TERAPAN
KEPERAWATAN GIGI
TAHUN 2022
ABSTRAK
SKRIPSI
RAHMI JANNATI
PERBEDAAN PENYULUHAN METODE BERCERITA WAYANG
KARTUN DAN PERMAINAN MOLEGI TERHADAP PENGETAHUAN
KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA SISWA KELAS IIIA DAN IIIB
MI MIFTAHUL KHAIRIYAH CEMPAKA
Pembimbing (1) Hj. Ida Rahmawati, SKM. MPH (2) drg. Metty Amperawati,
M. Kes
Xiv + 45 halaman; 5 tabel; 5 gambar; 14 lampiran
Tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut mempengaruhi perilaku
masyarakat menyadari pentingnya kesehatan gigi dan mulut. Upaya untuk
meningkatkan pengetahuan dengan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut. Salah
satu strategi penyuluhan dapat menggunakan media bercerita wayang kartun dan
permainan MOLEGI.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan diantara metode
bercerita wayang kartun dan permainan MOLEGI terhadap pengetahuan
kesehatan gigi dan mulut pada siswa MI Miftahul Khairiyah Cempaka.
Rancangan penelitian menggunakan “Two Group Pretest – Postest”, populasi
penelitian sebanyak 60 siswa, sampel penelitian adalah siswa kelas IIIA dan IIIB
sebanyak 60 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling.
Hasil penelitian pengetahuan kesehatan gigi dan mulut sebelum dilakukan
penyuluhan menggunakan metode bercerita wayang kartun, didapatkan 12.57 dan
sesudah 15.40. Sedangkan dengan permainan MOLEGi didapatkan sebelum
penyuluhan 13.20 dan sesudah penyuluhan 15.63. Berdasarkan hasil uji
Independent Sample T-Test menunjukan nilai ρ = 0.564 > α = 0.05 sehingga H 0
diterima.
Kesimpulan penelitian yaitu tidak ada perbedaan penyuluhan metode
bercerita wayang kartun dan permainan MOLEGI terhadap pengetahuan
kesehatan gigi dan mulut pada siswa MI Miftahul Khairiyah Cempaka.
Disarankan perlu diadakannya kegiatan promotif yaitu penyuluhan yang
berkesinambungan, agar dapat membantu siswa dalam memahami kesehatan
khususnya pada masalah kesehatan gigi dan mulut.
Kata Kunci
: Penyuluhan, Wayang Kartun,
Kesehatan Gigi dan Mulut
Kepustakaan : 50 (2002-2022)
viii
MOLEGI,
Pengetahuan,MINISTRY OF THE REPUBLIC OF INDONESIA
BANJARMASIN HEALTH POLYTECHNIC
DENTAL THERAPY STUDY PROGRAM
APPLIED UNDERGRADUATE PROGRAM
DENTAL NURSING
2022
ABSTRACT
THESIS
RAHMI JANNATI
DIFFERENCES IN COUNSELING OF CARTOON PUPPETRY AND
MOLEGI GAMES METHODS TO DENTAL AND ORAL HEALTH
KNOWLEDGE IN CLASS IIIA AND IIIB STUDENTS OF MI MIFTAHUL
KHAIRIYAH CEMPAKA
Supervisor (1) Hj. Ida Rahmawati, SKM. MPH (2) drg. Metty Amperawati,
M. Kes
Xiv + 45 pages; 5 tables ; 5 figures ; 14 appendices
The level of dental and oral health knowledge affects the behavior of
people who recognize dental and oral health importance. An effort to increase this
knowledge was with dental and oral health counseling. One of the counseling
strategies can use media to tell cartoon puppets and MOLEGI games.
This study aimed to determine the difference between the cartoon puppetry
and MOLEGI games methods to dental and oral health knowledge in MI Miftahul
Khairiyah Cempaka students. The research design used the "Two Pretest-Posttest
Group", the research population was 60 students, the research sample was IIIa and
IIIb students as many as 60 students, and the sampling technique used total
sampling.
Study results of dental and oral health knowledge using the cartoon puppet
storytelling method obtained 12.57 before counseling and 15.40 after counseling.
While with the MOLEGI game, it was obtained 13.20 before counseling and
15.63 after counseling. Based on the Independent Sample T-Test test results, p-
value = 0.564 > a = 0.05 so that Ho is accepted.
The study conclusion was that there was no difference in counseling
methods of cartoon puppetry and MOLEGI games to dental and oral health
knowledge in MI Miftahul Khairiyah Cempaka students. It is recommended that
promotive activities, namely continuous counseling, should be held to help
students understand health, especially dental and oral health problems.
Keywords: Counseling, Cartoon Movies, Molecule, Knowledge, Dental and Oral
Health
Literature: 50 (2002-2022 )
ixDAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ........................................................................................
HALAMAN HAK CIPTA ...............................................................................
HALAMAN PENGESAHAN ..........................................................................
SURAT PERNYATAAN TENTANG ORISINALITAS ................................
RIWAYAT HIDUP ..........................................................................................
KATA PENGANTAR .....................................................................................
ABSTRAK (BAHASA INDONESIA) ............................................................
ABSTRAK (BAHASA INGGRIS) ..................................................................
DAFTAR ISI ....................................................................................................
DAFTAR TABEL ............................................................................................
DAFTAR GAMBAR .......................................................................................
DAFTAR LAMPIRAN ....................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ...............................................................................
B. Rumusan Masalah ..........................................................................
C. Tujuan Penelitian ...........................................................................
1. Tujuan Umum ..........................................................................
2. Tujuan Khusus .........................................................................
D. Manfaat Penelitian .........................................................................
1. Teoritis .....................................................................................
2. Praktis .......................................................................................
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Penyuluhan .....................................................................................
1. Pengertian Penyuluhan .............................................................
2. Tujuan Penyuluhan...................................................................
3. Komponen Penyuluhan ............................................................
4. Metode Penyuluhan ..................................................................
5. Strategi Penyuluhan .................................................................
B. Metode Bercerita Wayang Kartun ...................................................
1. Pengertian Wayang Kartun ......................................................
2. Kelebihan Media Wayang Kartun ............................................
3. Kekurangan Media Wayang Kartun.........................................
C. Media Permainan MOLEGI ...........................................................
1. Pengertian MOLEGI ................................................................
2. Kelebihan dan Kekurangan MOLEGI .....................................
3. Cara Bermain MOLEGI ...........................................................
D. Pengetahuan ...................................................................................
1. Pengertian Pengetahuan ...........................................................
2. Tingkat Pengetahuan ................................................................
3. Cara Memperoleh Pengetahuan ...............................................
4. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan ...................
E. Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut.........................................
1. Pengertian Kesehatan Gigi dan Mulut .....................................
x
i
ii
iii
iv
v
vi
viii
ix
x
xii
xiii
xiv
1
4
4
4
4
5
5
6
7
7
7
8
10
10
11
11
13
13
14
14
16
16
18
18
19
21
23
25
252. Cara dan Waktu Menyikat Gigi ..............................................
26
3. Makanan yang Baik dan Kurang Baik Untuk Kesehatan Gigi dan
Mulut ........................................................................................
27
4. Cara Menjaga dan Akibat Tidak Menjaga Kesehatan Gigi dan
Mulut ........................................................................................
28
F. Kerangka Teori ...............................................................................
29
BAB III KERANGKA KONSEP DAN HIPOTESIS
A. Kerangka Konsep ...........................................................................
30
B. Hipotesis .........................................................................................
30
BAB IV METODE PENELITIAN
A. Jenis Penelitian ...............................................................................
31
B. Rancangan Penelitian .....................................................................
31
C. Tempat dan Waktu Penelitian ........................................................
32
1. Tempat Penelitian .....................................................................
32
2. Waktu Penelitian ......................................................................
32
D. Populasi dan Sampel ......................................................................
32
1. Populasi Penelitian ...................................................................
32
2. Sampel Penelitian .....................................................................
32
E. Variabel Penelitian dan Definisi Operasional ................................
32
1. Variabel Penelitian ...................................................................
32
2. Definisi Operasional .................................................................
33
F. Instrumen Penelitian .......................................................................
33
G. Metode Pengumpulan Data ............................................................
33
1. Data Primer ............................................................................
33
2. Data Sekunder ........................................................................
34
H. Prosedur Penelitian .........................................................................
34
I. Pengolahan Data .............................................................................
35
BAB V HASIL PENEITIAN
A. Data Umum Penelitian ...................................................................
36
B. Data Khusus Penelitian ..................................................................
37
BAB VI PEMBAHASAN
A. Analisis Masalah ............................................................................
40
B. Pemecahan Masalah .......................................................................
42
BAB VII PENUTUP
A. Kesimpulan .....................................................................................
44
B. Saran ...............................................................................................
45
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
xiDAFTAR TABEL
Tabel 4.1 Definisi Operasional ........................................................................
Tabel 5.1 Jumlah Siswa kelas III MI Miftahul Khairiyah Cempaka ...............
Tabel 5.2 Distribusi Frekuensi Berdasarkan Jenis Kelamin ............................
Tabel 5.3 Hasil Analisis Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Sebelum dan
Sesudah Penyuluhan dengan Media Wayang Kartun .....................
Tabel 5.4 Hasil Uji Independent Sample T-Test Media Wayang Kartun dan
MOLEGI ..........................................................................................
xii
33
36
37
38
39DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1 Wayang Kartun ...........................................................................
Gambar 2.2 Permainan MOLEGI ...................................................................
Gambar 2.3 Kerangka Teori ............................................................................
Gambar 3.1 Kerangka Konsep ........................................................................
Gambar 4.1 Rancangan Penelitian ..................................................................
xiii
14
18
29
30
31DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1
Lampiran 2
Lampiran 3
Lampiran 4
Lampiran 5
Lampiran 6
Lampiran 7
Lampiran 8
Lampiran 9
Lampiran 10
Lampiran 11
Lampiran 12
Lampiran 13
Lampiran 14
: Surat Izin Studi Pendahuluan
: Satuan Pelajaran Kesehatan Gigi dan Mulut
: Informed Consent
: Kuesioner
: Naskah Cerita
: Kartu Konsultasi
: Surat Izin Uji Validitas kuesioner
: Hasil Uji Validitas
: Rekapitulasi Data Penelitian
: Hasil Uji Penelitian
: Validitas Ahli Media
: Surat Izin Penelitian
: Etik Penelitian
: Foto Kegiatan
xiv
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
RAHMI JANNATI - Personal Name
Hj. Ida Rahmawati, SKM. MPH - Personal Name rg. Metty Amperawati, M. Kes - Personal Name |
Student ID | |
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi | |
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | KEPERAWATAN Gigi : Banjarbaru., 2022 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
017/SKP-GIGI/2022
|
Copyright | |
Doi |