SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH DI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR TELANG KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH

Detail Cantuman

CD-ROM

SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH DI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR TELANG KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI SANITASI
PROGRAM DIPLOMA TIGA
KESEHATAN LINGKUNGAN
TAHUN 2022

ABSTRAK
KARYA TULIS ILMIAH
MUHAMMAD FIKRY KHOLIQ
“SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH DI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR TELANG KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH TAHUN 2022”
(Zulfikar Ali As, S.KM, M.T; H. M. Pahruddin, S.KM., M.KL)
(50 Halaman; 6 Tabel; 3 Gambar; 7 Lampiran )

TPA adalah salah satu tempat yang digunakan untuk membuang sampah yang sudah mencapai tahap akhir dalam pengelolaan sampah, dimulai dari pertamakali sampah dihasilkan, dikumpulkan, diangkut, dikelola dan dibuang.
TPA Telang adalah satu-satunya TPA di Kabupaten Hulu Sungai Tengah dengan luas lahan ±19,24 ha. TPA melayani 261.042 jiwa penduduk yang setiap tahunnya menimbun sampah sebesar 23.723 ton.
Tujuan penelitian adalah mengetahui sistem pengelolaan sampah di TPA Telang Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang terdiri dari input, proses dan output. Penelitian ini bersifat deskriftif yaitu menggambarkan keadaan hasil observasi, kemudian menganalisa dan membandingkan dengan standar atau teori yang berhubungan dengan penelitian, menetapkan masalah dan memberikan alternatif untuk pemecahannya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa TPA Telang Kabupaten Hulu Sungai Tengah menerapkan metode Sanitary Landfill. TPA ini memiliki 43 orang pekerja yang terdiri dari 21 orang pekerja di TPA dan 22 orang sebagai supir truk. Secara umum dana, SDM, tenaga operasional, sarana prasarana, volume sampah, sistem operasional, kualitas lingkungan dan kepadatan lalat sesuai dengan Pedoman Pengoperasian dan Pemeliharaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sistem controlled landfill dan sanitary landfill Departemen Pekerjaan Umum Tahun 2006.
Upaya yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan pengelolaan sampah di TPA Telang Kabupaten Hulu Sungai Tengah adalah menyediakan penampungan limbah B3, menyediakan alat pemadam kebakaran, menyediakan kotak P3K, menyediakan pengendali vektor, memaksimalkan proses pemilahan dan pihak pengelola mengikuti acuan Pedoman Pengoperasian dan Pemeliharaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sistem Controlled Landfill dan Sanitary Landfill dari Depanemen Pekerjaan Umum Tahun 2006

Kata Kunci : Sampah, TPA, Sistem pengelolaan TPA.
Kepustakaan : 28 (1991-2016)


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit KESEHATAN LINGKUNGAN : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
048/KL-KTI/2022
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail