Hubungan Antara Cara Produksi Pangan yang Baik untuk Industri Rumah Tangga (CPPB-IRT) dengan Keberadaan Angka Kuman pada Produk Apam di Kota Barabai

Detail Cantuman

CD room

Hubungan Antara Cara Produksi Pangan yang Baik untuk Industri Rumah Tangga (CPPB-IRT) dengan Keberadaan Angka Kuman pada Produk Apam di Kota Barabai

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI SANITASI LINGKUNGAN
PROGRAM SARJANA TERAPAN
KESEHATAN LINGKUNGAN
TAHUN 2022

ABSTRAK

Skripsi
AZZY RANIA SABILA
HUBUNGAN ANTARA CARA PRODUKSI PANGAN YANG BAIK UNTUK INDUSTRI RUMAH TANGGA (CPPB-IRT) DENGAN KEBERADAAN ANGKA KUMAN PADA PRODUK APAM DI KOTA BARABAI
(Dr.Isnawati S.KM, M.Kes ; Rahmawati, S.KM, M.Kes)
xvi + 100 halaman; 36 tabel; 4 gambar; 13 lampiran

Cara Produksi Pangan yang Baik untuk Industri Rumah Tangga (CPPB-IRT) merupakan hal penting yang harus diterapkan untuk menghasilkan pangan yang bermutu, layak dikonsumsi dan aman bagi kesehatan. Berdasarkan studi pendahuluan di Kota Barabai terdapat Industri Rumah Tangga pengolahan apam yang belum menerapkan CPPB-IRT sepenuhnya seperti pada aspek lokasi dan lingkungan, aspek bangunan dan fasilitas, aspek kesehatan dan higiene karyawan, dan aspek penyimpanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Cara Produksi Pangan yang Baik untuk Industri Rumah Tangga (CPPB-IRT) dengan keberadaan angka kuman pada produk apam di Kota Barabai.
Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 14 IRTP dengan metode saturation sampling dan 250 gram sampel produk apam. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan uji laboratorium terhadap angka kuman. Data dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman.
Hasil penelitian yang didapatkan adalah penerapan terhadap Cara Produksi Pangan yang Baik untuk Industri Rumah Tangga (CPPB-IRT) sebanyak 6 (43%) responden termasuk dalam kategori baik sedangkan 8 (57%) responden lainnya termasuk dalam kategori tidak baik, keberadaan angka kuman pada produk apam yang melebihi baku mutu sebanyak 2 (14%) sampel. Uji Spearman menunjukkan bahwa ada hubungan antara Cara Produksi Pangan yang Baik untuk Industri Rumah Tangga (CPPB-IRT) dengan keberadaan angka kuman pada produk apam di Kota Barabai.
Saran yang diberikan kepada pemilik Industri Rumah Tangga yaitu diharapkan dapat menerapkan Cara Produksi Pangan yang Baik untuk Industri Rumah Tangga (CPPB-IRT) secara keseluruhan dalam proses produksi dan distribusi agar dapat menjamin mutu dan kualitas hasil produksi.

Kata Kunci : CPPB-IRT, keberadaan angka kuman, produk apam
Kepustakaan : 62 (2009 – 2021)
MINISTRY OF HEALTH REPUBLIC INDONESIA
HEALTH POLYTECHNIC BANJARMASIN
ENVIROMENTAL SANITATION STUDY PROGRAM
APPLIED UNDERGRADUATE PROGRAM
ENVIRONMENTAL HEALTH
YEAR 2022

ABSTRACT

Essay
AZZY RANIA SABILA
THE RELATIONSHIP BETWEEN THE GOOD WAY OF FOOD PRODUCTION FOR HOME INDUSTRY (CPPB-IRT) AND THE PRESENCE OF GERM NUMBERS IN APAM PRODUCTS IN BARABAI CITY
(Dr.Isnawati S.KM, M.Kes ; Rahmawati, S.KM, M.Kes)
xvi + 100 pages; 36 tabels; 4 images; 13 attachments

Good Way of Food Production for Home Industry (CPPB-IRT) is an important thing that must be applied to produce quality food, suitable for consumption and safe for health. Based on a preliminary study in Barabai City, there are home industries for processing apam that have not fully implemented CPPB-IRT such as in the location and environmental aspects, building and facilities aspects, employee health and hygiene aspects, and storage aspects.The purpose of this study was to know the relationship between Good Way of Food Production for Home Industry (CPPB-IRT) and the presence of germ numbers in apam products in Barabai City.
The type of research used was analytic with a cross sectional research design. The number of samples in this study amounted to 14 home industries with the saturation sampling method and 250 grams of samples of apam products. Data collection were used the observation sheets, interviews and laboratory tests on the number of germs. Data analysis by Spearman correlation test.
The results obtained were the application of Good Way of Food Production for Home Industry (CPPB-IRT) as many as 6 (43%) respondents were included in the good category while 8 (57%) other respondents were in the bad category, the presence of germ numbers in Apam products that exceed the quality standard were 2 (14%) samples. Spearman's test showed that there was a relationship between Good Way of Food Production for Home Industry (CPPB-IRT) and the presence of germ numbers in apam products in Barabai City.
The advice given to home industry owners is that they are expected to be able to apply the Good Way of Food Production for Home Industry (CPPB-IRT) as a whole in the production and distribution process in order to ensure the charcteristic and quality of the products.


Keyword : CPPB-IRT, germ numbers, apam products
Literature : 62 (2009 – 2021)


Detail Information

Item Type
Penulis
Azzy Rania Sabila - Personal Name
Dr. Isnawati, S.KM.M.Kes - Personal Name
Rahmawati, S.KM.M.Kes - Personal Name
Erminawati, S.Pd., M.Pd - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Jurusan kesehatan lingkungan : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
032/SKP-KL/2022
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail