GAMBARAN PENGELOLAAN LINEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH H. DAMANHURI BARABAI TAHUN 2022

Detail Cantuman

CD-ROM

GAMBARAN PENGELOLAAN LINEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH H. DAMANHURI BARABAI TAHUN 2022

XML

KEMENTRIAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI SANITASI
PROGRAM DIPLOMA III
KESEHATAN LINGKUNGAN
TAHUN 2022
ABSTRAK
Karya Tulis Ilmiah
RAHMANITA MAULIDA
GAMBARAN PENGELOLAAN LINEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH H. DAMANHURI BARABAI TAHUN 2022
(Rahmawati, S.KM.,M.Kes : Dr. H. Juanda, S.KM.,M.Kes)
xv + 74 Halaman ; 14 tabel ; 8 Lampiran

Rumah Sakit Umum Daerah H. Damanhuri Barabai merupakan satu-satunya Rumah Sakit Umum Daerah di Kabupaten Hulu Sungai Tengah milik pemerintah yang termasuk kedalam rumah sakit tipe C dan diketahui sejak tahun 2016 belum pernah dilakukan pemeriksaan pada pengelolaan linen. Linen bisa menjadi media penularan infeksi nosokomial jika tidak dikelola dengan baik. Pengelolaan linen di rumah sakit dengan kapasitas ±150 kg/hari. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan menunjukkan perilaku petugas yang tidak menggunakan kereta dorong terpisah saat pengangkutan dan tidak menggunakan APD lengkap serta proses pelipatan dilakukan pada lantai ruangan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengelolaan linen di Rumah Sakit Umum Daerah H. Damanhuri Barabai 2022. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dengan cara observasi dan kuesioner. Objek penelitian ini adalah setiap tahapan pengelolaan linen, tindakan petugas, peralatan dan sarana pengelolaan linen.
Hasil penelitian berdasaran teori-teori yang ada dan berpedoman pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 7 Tahun 2019 tentang Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit menunjukkan pengelolaan linen di Rumah Sakit Umum Daerah H. Damanhuri Barabai mulai dari tahap pengumpulan, pengangkutan, pencucian, pegeringan, penyimpanan, peralatan dan sarana pengelolaan linen sesuai dengan persyaratan, sedangkan pada tahap pendistribusian dan tindakan petugas pengelolaan linen tidak memenuhi persyaratan.
Disarankan pihak rumah sakit khususnya unit instalasi laundry agar melengkapi ketersediaan prasarana penunjang khususnya pada tahap pengumpulann linen kotor, meningkatkan pengetahuan petugas dengan memberikan pelatihan dan penyuluhan dan melakukan pemeriksaan kesehatan berkala kepada petugas. Untuk petugas pada unit laundry perlunya kesadaran sendiri petugas untuk bekerja sesuai dengan prosedur.

Kata Kunci : Rumah Sakit, Pengelolaan Linen
Kepustakaan : 45 (1989 – 2020)


Detail Information

Item Type
Penulis
RAHMANITA MAULIDA - Personal Name
Rahmawati, S.KM, M.Kes - Personal Name
Dr. H. Juanda, S.KM - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Jurusan kesehatan lingkungan : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
001/KL-KTI/2022
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail