GAMBARAN PENGETAHUAN KARIES GIGI USIA 35- 44 TAHUN PADA PASIEN POLI GIGI DI PUSKESMAS SUNGAI BESAR BANJARBARU

Detail Cantuman

CD-ROM

GAMBARAN PENGETAHUAN KARIES GIGI USIA 35- 44 TAHUN PADA PASIEN POLI GIGI DI PUSKESMAS SUNGAI BESAR BANJARBARU

XML

KEMENKES REPUBLIK INDONESIA POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEPERAWATAN GIGI
TAHUN 2019


Karya Tulis Ilmiah
VERGIE LARASWATY

ABSTRAK

GAMBARAN PENGETAHUAN KARIES GIGI USIA 35-44 TAHUN PADA PASIEN POLI GIGI DI PUSKESMAS SUNGAI BESAR BANJARBARU. Pembimbing (1) Siti Salamah, S.Si, T M.Kes, (2) Emilda Sari, S.Si, T M.Kes. xiii + 33 halaman; 7 tabel; 2 gambar; 7 lampiran

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi karies gigi, antaranya faktor dalam yaitu host, mikrooganisme, substrat, plak, air ludah, waktu. Adapun faktor dar luar yaitu keturunan, ras, usia, jenis kelamin, pengetahuan. Kawuryan (2008), menjelaskan bahwa dengan adanya pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut secara tidak langsung akan menjaga kesehatan gigi dan mulut dan pada akhirnya gigi dan mulut dapat mencegah terjadinya karies gigi. Hal ini berarti pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut dapat berdampak pada karies gigi.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pengetahuan karies gigi usia 35 – 44 tahun pada pasien poli gigi di Puskesmas Sungai Besar Banjarbaru. Penelitian yang digunakan survei diskriptif. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Sungai Besar Banjarbaru. Populasi penelitian ini 70 orang setiap bulan pada tahun
2019 yang datang ke Poli Gigi Puskesmas Sungai Besar Banjarbaru. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling. Dengan jumlah sampel 30 orang.
Dari hasil penelitian yang didapatkan gambaran pengetahuan pasien tentang karies gigi dengan kategori baik sebanyak 18 orang (60,0%), dan kategori kurang baik sebanyak 12 orang (40,0%).
Kesimpulan hasil penelitian tentang gambaran pengetahuan karies gigi usia
35-44 tahun pada pasien poli gigi di Puskesmas Sungai Besar Banjarbaru, bahwa sebagian besar pengetahuan tentang karies gigi kategori baik. Disarankan tenaga kesehatan gigi di Puskesmas mempertahankan dan meningkatkan kegiatan penyuluhan dan pencegahan (promotif-preventif) tentang kesehatan gigi dan mulut pada masyarakat, yang dilakukan pada waktu pelayanan di poli gigi atau di ruang tunggu dan meningkatkan kerjasama Puskesmas dengan petugas kelurahan dalam kegiatan UKGMD.



Kata Kunci : Pengetahuan Karies Gigi
Kepustakaan : 21 (1991-2016)


Detail Information

Item Type
Penulis
VERGIE LARASWATY - Personal Name
Siti Salamah, S.Si.T, M.Kes - Personal Name
Emilda Sari, S.Si.T, M.Kes - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit KEPERAWATAN Gigi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KEPGIGI/SKP-006/2019
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail