PENGARUH BERKUMUR LARUTAN MADU DENGAN KONSENTRASI 15% TERHADAP pH SALIVA PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN PUTERI NU MARTAPURA

Detail Cantuman

PENGARUH BERKUMUR LARUTAN MADU DENGAN KONSENTRASI 15% TERHADAP pH SALIVA PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN PUTERI NU MARTAPURA

XML

KEMENKES REPUBLIK INDONESIA POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEPERAWATAN GIGI
TAHUN 2019


Karya Tulis Ilmiah

ABSTRAK


Chelsa Nadia
PENGARUH BERKUMUR LARUTAN MADU DENGAN KONSENTRASI
15% TERHADAP pH SALIVA PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN PUTERI NU MARTAPURA
Pembimbing (1) : Danan, S.Si.T, M.Kes Pembimbing (2) : Bunga Nurwati, S.Kp.G, M.Kes
Xii + 45 Halaman; 8 tabel, 10 lampiran

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (2013), prevalensi penduduk Indonesia yang memiliki masalah gigi dan mulut dalam 12 bulan terakhir sesuai Effective Medical Demand (EMD) adalah sebanyak 25,9 % dan memiliki prevalensi gingivitis menduduki urutan kedua terbanyak mencapai 96,58%. Saliva berperan dalam mencegah penyakit gigi dan mulut salah satu hal yang harus di perhatikan adalah derajat keasaman (pH) saliva. Salah satu tindakan mempertahankan pH saliva yaitu dengan menggunakan madu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berkumur larutan madu dengan konsentrasi 15% terhadap pH saliva pada santri di Pondok Pesantren Puteri NU Martapura. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan One Group Pretest Posttest. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 44 santri.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata pH saliva santri sebelum berkumur larutan madu konsentrasi 15% adalah 7,43, sedangkan rata-rata pH saliva santri sesudah berkumur larutan madu konsentrasi 15% adalah 6,91. Berdasarkan hasil statistik dengan uji Paired T-Test diperoleh nilai p = 0,000 < α = 0,05.
Kesimpulannya ada pengaruh berkumur larutan madu dengan konsentrasi 15% terhadap pH saliva pada santri di Pondok Pesantren Puteri NU Martapura. Disarankan dapat memanfaatkan larutan madu sebagai obat kumur dari bahan tradisional yang mengandung anti bakteri, adanya kegiatan promotif berupa penyuluhan mengenai pemanfaatan bahan-bahan tradisional untuk kesehatan gigi dan mulut dan memberikan penjelasan tentang akibat apa saja yang dialami jika pH saliva asam maupun pH saliva basa.



Kata Kunci : Larutan Madu, pH saliva
Kepustakaan : 47 (1991-2018)


Detail Information

Item Type
Penulis
CHELSA - Personal Name
Danan S.Si.T, M.kes - Personal Name
Bunga Nurwati, S.Kp.G, M.Kes - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit KEPERAWATAN Gigi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KEPGIGI/KTI-008/2019
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail