CD-ROM
PERBEDAAN PENYULUHAN METODE DONGENG DAN METODE BERNYANYI TERHADAP PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI PADA MURID KELAS III DI SDN 3 CEMPAKA BANJARBARU
XMLKEMENKES REPUBLIK INDONESIA POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN PROGRAM STUDI KESEHATAN GIGI PROGRAM DIPLOMA TIGA TAHUN 2020 ABSTRAK KARYA TULIS ILMIAH
SITI RAHMAH PERBEDAAN PENYULUHAN METODE DONGENG DAN METODE BERNYANYI TERHADAP PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI PADA MURID KELAS III DI SDN 3 CEMPAKA BANJARBARU. Pembimbing (1) H. Fahmi Said, S.Si.T, M.Pd (2) Rasuna Ulfah, S.ST, M.Kes xiii + 51 halaman ; 5 tabel ; 1 gambar ; 13 lampiran
Kesehatan gigi dan mulut di Indonesia perlu mendapat perhatian serius karena penyakit gigi dan mulut masih banyak diderita oleh penduduk Indonesia. Upaya untuk meningkatkan pengetahuan yaitu dengan penyuluhan kesehatan. Diantara metode penyuluhan yang digunakan adalah metode dongeng karena dapat menjadi strategi dalam menasehati anak serta memperbaiki pengetahuan anak, dan metode bernyanyi karena dapat membantu pendidik meningkatkan pengetahuan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penyuluhan metode dongeng dan metode bernyanyi terhadap pengetahuan menyikat gigi pada murid kelas III di SDN 3 Cempaka Banjarbaru. Jenis penelitian adalah penelitian analitik. Desain penelitian bersifat eksperimen semu. Penelitian berupa rancangan pretest-postest. Adapun jumlah sampel sebanyak 46 responden menggunakan teknik total sampling atau sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode dongeng dan metode bernyanyi dapat meningkatkan pengetahuan menyikat gigi, namun rata-rata pengetahuan menyikat gigi penyuluhan menggunakan metode dongeng lebih tinggi dari metode bernyanyi, terlihat dari nilai rata-rata pengetahuan sebelum (8.48), sesudah (12.30) dan selisih rata-rata (3.82) dengan penyuluhan metode dongeng. Dibandingkan nilai rata-rata pengetahuan sebelum (8.83), sesudah (11.39) dan selisih rata-rata (2.56) dengan penyuluhan metode bernyanyi. Uji Independent Sample T-test menunjukkan nilai p (0.021) < a (0.05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya ada perbedaan penyuluhan metode dongeng dan metode bernyanyi terhadap pengetahuan menyikat gigi pada murid kelas III di SDN 3 Cempaka Banjarbaru. Adapun saran agar melakukan penyuluhan menggunakan metode dongeng dengan variasi yang berbeda sehingga dapat menarik dan tidak membosankan membuat murid memahami masalah kesehatan gigi dan mulut.
Kata Kunci : penyuluhan dongeng, bernyanyi, pengetahuan Kepustakaan : 40 (2006-2019)
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Siti Rahmah - Personal Name
H. Fahmi Said, S.Si.T, M.Pd - Personal Name Rasuna Ulfah, S.ST, M.Kes - Personal Name |
Student ID | |
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi | |
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | KEPERAWATAN Gigi : Banjarbaru., 2020 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
KTI //007/KEP GIGI /20
|
Copyright | |
Doi |