Hasil Pencarian

Menampilkan hasil untuk kata kunci "".

Pencarian Lanjutan

PERBEDAAN PENYULUHAN METODE DONGENG DAN METODE BERNYANYI TERHADAP PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI PADA MURID KELAS III DI SDN 3 CEMPAKA BANJARBARU

KEMENKES REPUBLIK INDONESIA POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN PROGRAM STUDI KESEHATAN GIGI PROGRAM DIPLOMA TIGA TAHUN 2020 ABSTRAK KARYA TULIS ILMIAH

SITI RAHMAH PERBEDAAN PENYULUHAN METODE DONGENG DAN METODE BERNYANYI TERHADAP PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI PADA MURID KELAS III DI SDN 3 CEMPAKA BANJARBARU. Pembimbing (1) H. Fahmi Said, S.Si.T, M.Pd (2) Rasuna Ulfah, S.ST, M.Kes xiii + 51 halaman ; 5 tabel ; 1 gambar ; 13 lampiran

Kesehatan gigi dan mulut di Indonesia perlu mendapat perhatian serius karena penyakit gigi dan mulut masih banyak diderita oleh penduduk Indonesia. Upaya untuk meningkatkan pengetahuan yaitu dengan penyuluhan kesehatan. Diantara metode penyuluhan yang digunakan adalah metode dongeng karena dapat menjadi strategi dalam menasehati anak serta memperbaiki pengetahuan anak, dan metode bernyanyi karena dapat membantu pendidik meningkatkan pengetahuan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penyuluhan metode dongeng dan metode bernyanyi terhadap pengetahuan menyikat gigi pada murid kelas III di SDN 3 Cempaka Banjarbaru. Jenis penelitian adalah penelitian analitik. Desain penelitian bersifat eksperimen semu. Penelitian berupa rancangan pretest-postest. Adapun jumlah sampel sebanyak 46 responden menggunakan teknik total sampling atau sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode dongeng dan metode bernyanyi dapat meningkatkan pengetahuan menyikat gigi, namun rata-rata pengetahuan menyikat gigi penyuluhan menggunakan metode dongeng lebih tinggi dari metode bernyanyi, terlihat dari nilai rata-rata pengetahuan sebelum (8.48), sesudah (12.30) dan selisih rata-rata (3.82) dengan penyuluhan metode dongeng. Dibandingkan nilai rata-rata pengetahuan sebelum (8.83), sesudah (11.39) dan selisih rata-rata (2.56) dengan penyuluhan metode bernyanyi. Uji Independent Sample T-test menunjukkan nilai p (0.021) < a (0.05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya ada perbedaan penyuluhan metode dongeng dan metode bernyanyi terhadap pengetahuan menyikat gigi pada murid kelas III di SDN 3 Cempaka Banjarbaru. Adapun saran agar melakukan penyuluhan menggunakan metode dongeng dengan variasi yang berbeda sehingga dapat menarik dan tidak membosankan membuat murid memahami masalah kesehatan gigi dan mulut.

Kata Kunci : penyuluhan dongeng, bernyanyi, pengetahuan Kepustakaan : 40 (2006-2019)


Detail Informasi

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Siti Rahmah - Pengarang
H. Fahmi Said, S.Si.T, M.Pd - Dosen Pembimbing 1
Rasuna Ulfah, S.ST, M.Kes - Dosen Pembimbing 2
Edisi
No. Panggil KTI //007/KEP GIGI /20
Subyek PENYULUHAN KESAEHATAN GIGI
KTI KEP GIGI 2020
Klasifikasi 001.4 SIT p
Judul Seri
GMD CD-ROM
Bahasa Indonesia
Penerbit KEPERAWATAN Gigi
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit Banjarbaru
Deskripsi Fisik xiii; 51 hlm.;ilus ;21x29cm
Info Detil Spesifik

Ketersediaan

LOADING LIST...

File Terlampir

LOADING LIST...

Citation

Untuk melihat format sitasi (APA, MLA, dll.) untuk koleksi ini, silakan klik tombol di bawah:

Lihat Sitasi