PENGARUH PENYULUHAN METODE BERMAIN JIGSAW PUZZLE TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT

Detail Cantuman

CD-ROM

PENGARUH PENYULUHAN METODE BERMAIN JIGSAW PUZZLE TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT

XML

KEMENTRIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN PROGRAM STUDI TERAPI GIGI KEPERAWATAN GIGI TAHUN 2020
ABSTRAK
Skripsi
NUR MAULIDA HAYATI PENGARUH PENYULUHAN METODE BERMAIN JIGSAW PUZZLE TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT Pembimbing (I) Hj. Ida Rahmawati, SKM,M.PH, (II) Dr. Waljuni Astu Rahman, SKM. M.Pd. xiii + 41 halaman; 3 tabel; 2 gambar ;1 lampiran
Upaya peningkatan kesehatan gigi dan mulut meliputi upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif dapat ditingkatkan dengan penyuluhan dan peran serta masyarakat. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang cukup baik tentang masalah kesehatan gigi. Salah satu metode yang digunakan dalam penyuluhan adalah permainan. Permainan jigsaw puzzle dipilih karena lebih menarik, interaktif, melatih kekuatan dan kemampuan motorik halus serta proses belajar akan lebih aktif jika digabungkan dengan permainan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jigsaw puzzle terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut. Rancangan penelitian menggunakan studi literatur sering disebut juga literatur- literature revie dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitiaan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan data sekunder yang didapatkan tidak langsung tetapi diperoleh melalui orang atau pihak lain, misalnya dokumen laporan-laporan, buku-buku, jurnal penelitian, artikel. Di analisis menggunakan uji Paired Sample T-Test.
Hasil penelitian sebelum penyuluhan menggunakan media puzzle adalah 4,77 dan sesudah penyuluhan 8,33. Hasil tersebut menunjukan adanya perubahan nilai sebesar 3,56. Berdasarkan uji Paired Sample T-Test didapat nilai ρ=0,000 dengan α = 0,05 sehingga p<α artinya Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh media puzzle terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut.
Kesimpulan penelitian ini yaitu ada pengaruh media puzzle terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut. Disarankan perlu diadakannya kegiatan promotif yaitu penyuluhan yang berkesinambungan di Sekolah tersebut agar membantu siswa dalam memahami kesehatan khusunya pada masalah kesehatan gigi dan mulut.
Kata kunci : Media Puzzle, Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut. Kepustakaan : 41 (2003-2019).


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit KEPERAWATAN Gigi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
SKP//0298KEPG /20
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail