PERBEDAANpHSALIVASETELAHMENGKONSUMSI SUSUUHTDANSUSUPASTEURISASI PADASISWASMPN2KARANGINTAN

Detail Cantuman

CD-ROM

PERBEDAANpHSALIVASETELAHMENGKONSUMSI SUSUUHTDANSUSUPASTEURISASI PADASISWASMPN2KARANGINTAN

XML

KEMENTERIANKESEHATANREPUBLIKINDONESIA POLITEKNIKKESEHATANBANJARMASIN PROGRAM STUDITERAPIGIGI PROGRAMSARJANATERAPAN KEPERAWATANGIGI TAHUN2020 ABSTRAK
Skripsi INESYAWALIAMARDHATILLA PERBEDAAN pH SALIVA SETELAHMENGKONSUMSI SUSU UHT DAN SUSUPASTEURISASIPADASISWASMPN2KARANGINTAN Pembimbing (1) Siti Sab’atul Habibah, S.KM, M.Kes (2) Isnawati, S.ST, M.kes xiv+61halaman;7tabel;12gambar;10lampiran Masalah kesehatangigi dan mulutyang palingbanyak terjadi adalah karies gigi. Risiko dapat terdeteksi dengan melakukan analisis saliva. Saliva merupakan cairan dengan susunan yang sangat mudah berubah-ubah dan dapat dianalisis keasamannya (pH), kandungan elektrolit dan protein yang terkandung di dalamnya. Ketiga hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain, keadaan psikis, stimulus, kadar hormon, gerak tubuh, obat-obatan dan diet. Salah satuyangdapatmempengaruhipH salivaialah susu.Terdapatbeberapajenissusu, diantaranya susu UHT dan susu pasteurisasi. Susu mengandung banyak zat makanansepertikarbohidrat,protein,lemak,mineraldanvitamin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pH saliva setelah mengkonsumsisusuUHTdan susupasteurisasi padasiswaSMPN2Karang Intan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan One Group Pretest Postest. Jumlah subjek pada penelitian ini adalah 60 orang yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok pertama mengkonsumsi susu UHT sebanyak 250 ml dan kelompok kedua mengkonsumsi susu pasteurisasi sebanyak 250 ml. Setiap kelompok terdapat 30 subjek. Pengukuran pH saliva menggunakan pH meter digital. Analisis data menggunakan Uji Independent sample T-Test untuk mengetahui perbedaan dua kelompok data independent dengan tingkat kepercayaan0,05.
x
Hasil penelitian rata-rata pH saliva setelah mengkonsumsi susu UHT adalah 6,91 dan setelah mengkonsumsi susu pasteurisasi adalah 6,73. Berdasarkan hasilanalisisujiIndependentSampleT-testnilaiSig(2-tailed)p=0,000<α0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pH saliva setelah mengkonsumsi susu UHT dan susu pasteurisasi. Susu UHT dapat dijadikan alternatif yang lebih baikdikonsumsikarenadapatlebihmeningkatkanpHSaliva.
Katakunci :pHsaliva,SusuUHT,SusuPasteurisasi Kepustakaan :51(1991-2018)


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit KEPERAWATAN Gigi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
SKP//020/KEPG /20
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail