CD-ROM
GAMBARAN KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS SUNGAI ULIN BANJARBARU PADA MASA NEW NORMAL
XMLKEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI KESEHATAN GIGI
PROGRAM DIPLOMA TIGA
TAHUN 2021
ABSTRAK
Karya Tulis Ilmiah
LAILATUL FITRIA
GAMBARAN KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS SUNGAI ULIN BANJARBARU PADA MASA NEW NORMAL
Pembimbing (I): H. Fahmi Said, S.Si.T., M.Pd, Pembimbing (II): Emilda Sari, S.Si.T., M.Kes
xiii + 40 halaman; 12 tabel; 1 gambar; 7 lampiran
Kepuasan pasien dapat diartikan sebagai tingkat perasaan pasien setelah membandingkan suatu tindakan dengan harapannya. Seorang pasien jika merasa puas dengan nilai yang diberikan oleh jasa pelayanan, sangat besar kemungkinannya untuk menjadi pelanggan dalam waktu yang lama termasuk pada saat masa new normal pandemi covid-19.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kepuasan pasien pada pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Sungai Ulin Banjarbaru pada masa new normal. Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Sungai Ulin Banjarbaru dengan jenis penelitian deskriptif menggunakan data primer yang dapat dilihat langsung oleh peneliti menggunakan angket kuisioner dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari dimensi wujud/tampilan pelayanan (tangible) 50,0% kategori puas, dimensi kehandalan pelayanan (reliability) 43,3% kategori puas, dimensi daya tanggap pelayanan (responsiveness) 50,0% kategori puas, dimensi jaminan pelayanan (assurance) 53,3% kategori puas, dan dimensi empati pelayanan (empathy) 53,3% kategori puas.
Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan dari data hasil penelitian tentang gambaran kepuasan pasien pada pelayanan kesehatan gigi dan mulut di puskesmas Sungai Ulin Banjarbaru pada masa new normal jumlah jawaban responden termasuk dalam kategori puas. Pada penelitian ini diharapkan Puskesmas Sungai Ulin bisa mempertahankan atau bahkan meningkatkan lagi jenis pelayanannya dari berbagai dimensi.
Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan Kesehatan, New Normal
Kepustakaan : 22 (2011-2020)
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
LAILATUL FITRIA - Personal Name
H. Fahmi Said, S.Si.T, M.Pd - Personal Name Emilda Sari, S.Si.T, M.Kes - Personal Name drg. Hj. Metty Amperawati, M.Kes - Personal Name |
Student ID | |
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi | |
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | KEPERAWATAN Gigi : Banjarbaru., 2021 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
KTI //34/KEP GIGI /21
|
Copyright | |
Doi |