PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA SISWA SMP NEGERI 2 BANJARBARU

Detail Cantuman

CD-ROM

PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA SISWA SMP NEGERI 2 BANJARBARU

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI KESEHATAN GIGI
PROGRAM DIPLOMA TIGA
KEPERAWATAN GIGI
TAHUN 2021
ABSTRAK
Karya Tulis Ilmiah

NADIA PANTIKA PUTRI
PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA SISWA SMP NEGERI 2 BANJARBARU.
Pembimbing (I) Danan, S.Si.T, M.Kes (II) drg. Hj. Metty Amperawati, M.Kes
xiii + 50 halaman; 5 tabel; 2 gambar; 10 lampiran
Upaya untuk meningkatkan pengetahuan salah satunya dengan penyuluhan kesehatan. Pendidikan kesehatan dengan media mind mapping yang banyak disenangi anak usia sekolah merupakan hal yang perlu diberikan untuk membantu dalam meningkatkan pengetahuan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan menggunakan media mind mapping terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada siswa SMP Negeri 2 Banjarbaru. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan one grup pretest posttest design. Pengambilan sampel penelitian menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 32 orang. Analisis data menggunakan uji Paired Sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pengetahuan sebelum diberikan penyuluhan sebesar 7,16 dan sesudah diberikan penyuluhan menjadi 11,25. Berdasarkan uji Paired Sample t-test didapatkan nilai ρ= 0,000 dengan α = 0,05.
Kesimpulan ada pengaruh penyuluhan menggunakan media mind mapping sebelum dan sesudah penyuluhan menggunakan media mind mapping pada siswa SMP Negeri 2 Banjarbaru. Disarankan agar dilakukan kegiatan pelayanan asuhan pada siswa Sekolah Menengah Pertama terutama pada kegiatan promotif yaitu penyuluhan menggunakan media mind mapping yang menarik agar membantu siswa dalam memahami masalah kesehatan gigi dan mulut.


Kata Kunci : Mind Mapping-Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut
Kepustakaan : 27 (2005-2020)


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit KEPERAWATAN Gigi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
KTI //022 /KEP GIGI /21
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail